Optimalisasi Penggunaan Bahan Bakar pada Mesin Induk Dual Fuel pada Kapal CNG Carrier Rute Gresik-Lombok dengan Menggunakan Metode Multi-Objective Genetic Algorithm (MOGA)

Iswantoro, Adhi (2015) Optimalisasi Penggunaan Bahan Bakar pada Mesin Induk Dual Fuel pada Kapal CNG Carrier Rute Gresik-Lombok dengan Menggunakan Metode Multi-Objective Genetic Algorithm (MOGA). Masters thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[img] Text
4113204902-Master Thesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pulau Lombok mengalami kenaikan konsumsi energi listrik. Untuk memenuhi kebutuhan listrik di Pulau Lombok, pemerintah melalui PT PLN (persero) menggunakan PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel). Permasalahan yang muncul adalah biaya operasional PLTD menjadi sangat besar, apalagi jika beban puncak pada jam tertentu. Berdasarkan data dari pihak PT PLN, untuk kondisi siang hari konsumsi listriknya adalah 20 MW sedangkan pada malam hari konsumsi listrik meningkat menjadi 80 MW. Sehingga membuat PT PLN harus menyediakan unit genset yang lebih banyak untuk mengatasi hal tersebut. Inilah yang menjadi masalah, sebab konsumsi bahan bakar untuk mesin diesel juga meningkat. PT PLN menambah kapasitas pasokan listrik dengan menggunakan PLTD sebanyak 60 MW dan genset tambahan tersebut hanya dinyalakan selama 5 jam ketika beban puncak saja, dan bahan bakar yang dibakar untuk 5 jam tersebut sebanyak 38 kilo liter, jika dikalikan dengan harga solar Rp 12.000 per liter (estimasi), maka tiap hari selama 5 jam PT PLN menghabiskan Rp 456 juta per hari. Oleh sebab itu direncanakan pada saat beban puncak yaitu 5 jam PLTD menggunakan turbin gas dengan bahan bakar Compressed Natural Gas sedangkan mesin diesel dimatikan. Permasalahan baru lainnya yaitu bagaimana sistem distribusi CNG dari sumber ke pemakai. Mengingat pasokan CNG diambil dari luar Pulau Lombok karena di Pulau Lombok tidak ada sumber gas dan fasilitas produksi. Disini PT PLN memiliki rencana awal untuk sistem distribusi CNG ke Pulau Lombok yaitu menggunakan kapal khusus pengangkut CNG. Karena jika menggunakan pipa bawah laut akan sangat tidak efektif. Kapal yang akan dibuat ini merupakan milik PT PLN dimana direncanakan memiliki ukuran panjang total 110,92 m, dengan lebar 17,60 m, tinggi adalah 9 m, serta sarat pada muatan penuh 5,2 m. Dengan rute yang sudah ditetapkan oleh PT PLN yaitu dari Gresik ke Lombok. Dimana kapal ini juga menggunakan mesin dual fuel sehingga biaya operasional kapal bisa ditekan. Dalam penelitian ini akan memfokuskan pada optimalisasi penggunaan bahan bakar pada mesin induk dual fuel kapal CNG Carrier. Metode yang digunakan pada kajian ini adalah multi-objective genetic algorithm dengan menitik beratkan pada waktu operasional, konsumsi bahan bakar, pembebanan mesin kapal, kecepatan kapal, serta efisiensi pada sistem penggerak kapal. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah metoda analisis dan perhitungan. Melalui penelitian ini diharapkan mampu mengetahui titik optimal yang bisa menjadi acuan pemakaian bahan bakar minyak dan bahan bakar gas pada kapal. Sehingga biaya operasional kapal berkurang dan lebih hemat. ====================================================================================================== Lombok increased consumption of electrical energy. To meet the demand for electricity on the island of Lombok, the government through PT PLN (Persero) using diesel (Diesel Power Plant). The problem that arises is the operational cost of diesel to be very high, especially if the peak time during limited hours. Based on data from the PT PLN, for daylight conditions is 20 MW electricity consumption at night while electricity consumption increased to 80 MW. Thus making the PT PLN should provide more generator units to overcome it. This is the problem, because the consumption of fuel for diesel engines is also increasing. PT PLN to increase the capacity of power supply using diesel as much as 60 MW and an additional generator is only switched on for 5 hours when peak load alone, and fuel is burned for 5 hours with 38 kilo liters, if multiplied by the price of Rp 12,000 per liter diesel (estimation), then every day for 5 hours PLN spent USD 456 million per day. Therefore planned during peak time, which is 5 hours using a turbine gas with Compressed Natural Gas fuel. Other new problems that is how CNG distribution system from the source to the user. Considering the CNG supply is taken from outside the island of Lombok because there is no gas resources and production facilities. Here PT PLN has initial plans for CNG distribution system to the island of Lombok that is using a special ship carrying CNG. Because if using a subsea pipeline would be very ineffective. Ships that will be made is owned by PT PLN which is planned to have a total length of 110.92 m, with a width of 17.60 m, height is 9 m, and design draft is 5.2 m. Route that has been set by PT PLN that is from Gresik to Lombok. Where this ship also uses a dual fuel engine that vessel operating costs can be reduced. In this study will focus on optimizing the use of fuel in the main engine dual fuel on the CNG Carrier ships. The method used in this study is a multi-objective genetic algorithms by focusing on operating time, fuel consumption, main engine load, speed of ship, as well as the efficiency of the propulsion system of the ship. The approach used in this study is the method of analysis and calculation. Through this research is expected to determine the optimum point which could be a reference fuel oil and fuel gas in the vessel. So that operating costs are reduced and more efficient ships.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTKe 005.1 Isw o
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi, Dual Fuel, CNG carrier
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA402.5 Genetic algorithms.
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105.546 Computer algorithms
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > (S2) Master Theses
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 06 Dec 2019 02:37
Last Modified: 06 Dec 2019 02:37
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/72241

Actions (login required)

View Item View Item