Penerapan Amoeba Algorithm Untuk Kasus Association Rule Dalam Penentuan Strategi Pemasaran – Supermarket Jago 2

Rusmana, Erwinsyah Widya (2016) Penerapan Amoeba Algorithm Untuk Kasus Association Rule Dalam Penentuan Strategi Pemasaran – Supermarket Jago 2. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of Binder1.pdf]
Preview
Text
Binder1.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kepuasan konsumen merupakan hal yang mendasar agar bisnis ritel mampu
mengembangkan diri serta mendapatkan keuntungan (profit) yang tinggi. Banyak
hal yang mampu dilakukan perusahaan ritel khususnya toko swalayan untuk
memberikan kepuasan terhadap konsumen, salah satunya tata letak produk. Hal
tersebut mampu dijadikan strategi pemasaran bagi toko swalayan. Untuk
menggunakan strategi pemasaran tersebut dibutuhkan data keterkaitan antar
produk. Data tersebut mampu didapatkan dari proses yang dinamakan data mining.
Data mining adalah kegiatan meliputi pengumpulan, pemakaian data histori untuk
menemukan keteraturan, pola atau hubungan dalam set data berukuran besar
(Santosa, 2007). Banyak teknik yang ada pada data mining salah satunya adalah
aturan asosiasi (association rule). Aturan asosiasi digunakan untuk mencari
hubungan yang menarik antar item di database yang besar (Kim, Lee, Seol, & Lee,
2011). Dalam penelitian ini, keterkaitan antar item akan dicari menggunakan
metode baru yaitu Algoritma Amoeba. Dari hasil penelitian, dengan Algoritma
Amoeba didapatkan pola 49 – 6 – 50 – 27 – 3 – 1 – 21 – 7 – 22 dengan waktu
komputasi 0,0313 detik. Sehingga untuk strategi pemasaran, produk-produk
tersebut agar didekatkan untuk dapat meningkatkan kepuasan konsumen.
===========================================================
Consumer satisfaction is fundamental of retail business to develop the business and
earn higher profit. There are a lot of things able to be done by retail business,
especially supermarket to aim customer satisfaction, such as product layout.
Product layout can be marketing strategy of supermarket. It is required data of
linkage inter-product to use that marketing strategy. The data can be obtained from
process called as data mining. Data mining is sequence activities, such as collecting
data, using historical data to define regularity, pattern or connection in large data
sets (Santosa, 2007). There are some techniques used in data mining, such as
association rule. Association rule is used to find fascnating connection between
items in a large database (Kim, Lee, Seol, & Lee, 2011). In this research, the
connection between items will be seek using a new method which is Amoeba
Algorithm. By this research, by using Amoeba Algorithm, it is obtained 49 – 6 –
50 – 27 – 3 – 1 – 21 – 7 – 22 pattern with computation time is 0.0313 seconds. As
the marketing strategy, the products have to be brought closer to improve customer
satisfaction.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSI 658.402 1 Rus p-1
Uncontrolled Keywords: Algoritma Amoeba, Aturan Asosiasi (association rule), Data Mining, Strategi Pemasaran.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Planning. Business planning. Strategic planning.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 06 Dec 2019 07:20
Last Modified: 06 Dec 2019 07:20
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/72257

Actions (login required)

View Item View Item