Baruza, M. Caesario (2015) Pendekatan Sistem Dinamik Pada Pertumbuhan Sektor Transportasi Berdasarkan Perhitungan Investasi Pembangunan Surabaya Mass Rapid Transit (SMART). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
2511100170-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Download (7MB) | Preview |
Preview |
Text
2511100170-Paper.pdf - Accepted Version Download (427kB) | Preview |
Preview |
Text
2511100170-Presentation.pdf - Presentation Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kemacetan merupakan suatu permasalahan yang sudah umum terjadi di kota-kota besar
seperti Surabaya. Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta dengan
rata-rata laju peningkatan penduduk setiap tahunnya sebesar 2%. Pertambahan jumlah
penduduk di Surabaya berbanding lurus dengan jumlah kendaraan probadi yang beroperasi di
Surabaya. Pertambahan pengguna kendaraan pribadi yang terus meningkat setiap tahunnya
menyebabkan kepadatan dan kemacetan terus meningkat. Salah satu solusi yang dirumuskan
oleh Pemerintah Kota Surabaya dalam mengurangi kemacetan tersebut adalah dengan
melakukan investasi terhadap proyek urban transit dengan nama Surabaya Mass Rapid Transti
(SMART) yang terdiri dari proyek monorail dan tram. Selain dari pengirangan tingkat
kemacetan di Surabaya, SMART diharapkan juga mampu mengurangi tingkat polusi dan
mengembangkan pertumbuhan ekonomi di Surabaya. Dalam merealisasikan proyek tersebut,
pemerintah mengeluarkan dana yang tidak sedikit untuk melakukan perubahan terhadap Kota
Surabaya. Penelitian ini mengenalisa skenario investasi dari SMART yang dibangun dari sisi
ekonomi makro dengan acuan penilaian dampak ekonomi terhadap PDRB Surabaya, lebih
spesifiknya terhadap PDRB Transportasi. Penelitian ini menggunakan metode sistem dinamika
atas dasar kompleksitas antar variabel dan perilaku sistem mengenai dinamika ekonomi dan
transportasi Surabaya. Skala konstruksi dari pembangunan SMART digunakan sebagai
variabel kontrol untuk melakukan simulasi perubahan jangka waktu dalam invenstasi yang
menyebabkan perubahan output untuk masing-masing skenario investasi. =========== Congestion is a common problem that exists in most populated city like Surabaya as
a big city in Indonesia. As one of big city in Indonesia, Surabaya has average rate of
population increase of 2% annually. The number of people in Surabaya is directly
proportional to the number of private vehicles operating in Surabaya. Recently, the new users
of private vehicles that are increasing, by which are producing congestion. One of solution
that finitiated by the Surabaya City Government in reducing congestion is by investing on
urban transit projects under the name Surabaya Mass Rapid Transt (SMART) which consists
of a monorail and tram projects. Aside from the reduction in the level of congestion in
Surabaya, SMART also expected to reduce the level of pollution and develop economic
growth in Surabaya. In realizing the project, the government issued a fund that does little to
make changes to the city of Surabaya. This study analyzes the investment scenario of
SMART based on view from macro-economic side with reference to the economic impact
assessment of the GDP Surabaya, more specifically to the GDP of Transport. This study
proposes a method based on the complexity of the system dynamics between variabels and
the behavior of the system on the dynamics of the economy and transportation Surabaya.
Scale construction of building SMART used as a control variabel to simulate changes in the
time period of investment that caused the change in output for each investment scenario.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSI 003.85 Bar p 3100015063281 |
Uncontrolled Keywords: | Surabaya Mass Rapid Transit, Simulation, Dynamic Systems, GDP, Simulasi, Sistem Dinamik |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA402 System analysis. |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | - Davi Wah |
Date Deposited: | 18 Dec 2019 02:35 |
Last Modified: | 18 Dec 2019 02:35 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/72335 |
Actions (login required)
View Item |