Reaktivasi Jalur Rel Kedungjati- Tuntang Dengan Jalur Double Track Dan Lebar Sepur 1435 mm

Anugrah, Bima Reffi (2015) Reaktivasi Jalur Rel Kedungjati- Tuntang Dengan Jalur Double Track Dan Lebar Sepur 1435 mm. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3109100036-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (13MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3109100036-Paper.pdf - Accepted Version

Download (860kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3109100036-Presentation.pdf - Presentation

Download (2MB) | Preview

Abstract

Jalur rel Kedungjati-Tuntang diresmikan pada tahun 1873 dan ditutup pada tahun 1970. Pada awal peresmiannya, jalur tersebut merupakan bagian dari Jalur rel Jogjakarta- Kedungjati. Pengaktifan jalur rel Kedungjati-Tuntang diharapkan dapat mengalihkan pengangkutan barang dari menggunakan truk menjadi menggunakan kereta api. Disamping untuk mengurangi beban jalan, pengaktifan ini juga bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mengembangkan potensi pariwisata Provinsi Jawa Tengah. Desain eksisting dari jalur rel Kedungjati-tuntang adalah jalur single track dengan lebar sepur 1067 mm. Dimensi rel tersebut tidak sesuai dengan Rencana Induk Perkeretaapian Nasional 2030 (RIPNAS 2030). Pada RIPNAS 2030 dijelaskan bahwa lebar sepur di Pulau Jawa adalah 1435 mm.. Jalur yang direncanakan disini sejauh 31 km. Metode perencanaan rute jalur ini antara lain dengan melakukan studi literatur, pengumpulan data, perencanaan geometrik, perencanaan alinemen horisontal dan vertikal, perencanaan detail potongan, perhitungan galian dan timbunan, serta perencanaan struktur tipikal jalan rel. Tugas akhir ini akan menghasilkan suatu rute jalur rel yang sesuai dengan Peraturan Menteri Nomor 60 Tahun 2012 Tentang Persyaratan Teknis Jalur Kereta Api. ========== Kedungjati-Tuntang railway track opened at 1873 then closed at 1970. At the beginning of it’s opening, this track was a part of Jogjakarta-Kedungjati railway track. Kedungjati-Tuntang railway activation is hoped to move freight transport from using a truck to using a train. Beside to reduce road weight , this activation is serve to gain economic growth and develop tourism potention in Central Java. Eksisting design of this track is a single track with 1067 gauge size.That dimension isn’t suitable with Rencana Induk Perkeretaapian Nasional 2030 (RIPNAS 2030). RIPNAS 2030 said that Java’s gauge size is 1435 mm. Track that planned here is about 31 km. The planning method of this route are studying all literature, collecting data, geometric planning, horizontal and vertical alinemen planning, cross section planning, cut and fill calculation, and railway typical structure planning. This final project will produce a railway route that fit with Peraturan Menteri Nomor 60 Tahun 2012 About Railway Technical Requirements.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 625.14 Anu r 3100015061086
Uncontrolled Keywords: Kereta Api, Desain Geometri Jalan Rel, Jalan Rel Kedungjati-Tuntang, Train, Railway’s Geometric Design, Kedungjati-Tuntang Railway.
Subjects: T Technology > TF Railroad engineering and operation > TF872 Rails (Track)
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 18 Dec 2019 04:02
Last Modified: 18 Dec 2019 04:02
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/72353

Actions (login required)

View Item View Item