Surya, Muhammad Zendy Drivama (2015) Perencanaan Abutment Dan Sistem Perkuatan Oprit Jembatan Damas, Trenggalek, Jawa Timur. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
3110100114-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Download (10MB) | Preview |
Preview |
Text
3110100114-Paper.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
3110100114-Presentation.pdf - Presentation Download (1MB) | Preview |
Abstract
Jembatan Damas terletak di daerah Prigi, Trenggalek
mempunyai peranan yang penting karena menghubungkan jalan
pada Jalur Lintas Selatan ( JLS ) yang terputus oleh aliran
sungai.Dalam merencanakan jembatan diperlukan adanya jalan
oprit untuk menghubungkan jalan yang telah ada dengan jalan
yang ingin direncanakan menuju jembatan.
Dalam tugas akhir ini, direncakan timbunan jalan
pendekat/oprit dengan tinggi 7 m. Dalam perencanaan oprit ini
sendiri tidak diperlukan adanya perbaikan terhadap lapisan tanah
dasar karena tanah dasar yang dominan pasir dan memiliki daya
dukung yang sudah cukup baik.. Untuk oprit jembatan
direncanakan dengan tiga alternatif oprit. Alternatif pertama
adalah timbunan bebas tanpa adanya perkuatan dinding penahan
tanah, alternatif kedua adalah direncanakannya dinding penahan
tanah untuk timbunan oprit dengan menggunakan kombinasi
Geotextile – sheetpile dan alternative terakhir adalah
direncanakannya dinding penahan tanah untuk timbunan oprit
dengan menggunakan kombinasi Keystone Wall-Geogrid.
Kemudian dalam tugas akhir ini juga direncanakan abutment
untuk Jembatan Damas.
Kemudian dari hasil analisa perhitungan perencanaan
dinding penahan tanah didapatkan hasil bahwa perencanaan oprit
ii
menggunakan alternatif pertama memerlukan biaya material total
sebesar Rp. 4,039,154,900 untuk alternatif kedua memerlukan
biaya material total sebesar Rp. 4,305,909,735.23 dan untuk
alternatif ketiga memerlukan biaya material total sebesar Rp.
3,822,999,619.65
Untuk perencanaan abutment direncanakan abutment
dengan tinggi 8 meter dan pilecap berukuran 6 meter x 11 meter
dan ditopang oleh 18 buah pondasi tiang pancang, dimana
pondasi tiang pancang yang digunakan berdiameter 60 cm
sedalam 20 m. ========== Damas bridge located in Prigi, Trenggalek had an
important role because it connects Jalan Lintas Selatan’s roads
(JLS) that is interrupted by the flow of river
In the planning of Damas bridge developer planned the
approach for ± 6 meters so that the subgrade elevation equal to
the elevation of the bridge plate. The retaining walls of the
approach needed to withstand strong for the approach load and
traffic load. The first alternative is using an embankment soil
without any retaining wall. The second alternative that being used
is a combination of sheet pile with a geotextile. The tirth
alternative that being used is a combination of geogrid with
keystone wall.
From the analysis of the planning calculations, The total
cost required for the first alternative which is a planning of a
embankment soil without any retaining wall is equal to Rp.
4,305,909,735.23. For the second alternative which is a
combination between sheet pile and geotextile is equal to Rp.
4,305,909,735.23. For the the last alternative which is a
combination between keystone and geogrid is equal to Rp.
3,822,999,619.65
For the planning of the abutment, the abutment is planned
for 8 meter high and it is suported by a 6 x 11 meter-sized pilecap
and it is suported by 18 pieces of driven piles, which the driven
pile used 60 cm diameter as deep as 20 m.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSS 624.2 Sur p 3100015060385 |
Uncontrolled Keywords: | Oprit, Keystone wall, Micropile, Geogrid, Geotextile, Abutment |
Subjects: | T Technology > TG Bridge engineering |
Divisions: | Faculty of Architecture, Design, and Planning > Industrial Product Design > 90231-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | - Davi Wah |
Date Deposited: | 18 Dec 2019 04:18 |
Last Modified: | 18 Dec 2019 04:18 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/72355 |
Actions (login required)
View Item |