Habibi, Fauzan and AM, Kurnia Elok Bukhori (2015) Perencanaan Peningkatan Jalan Ruas Turen - Batas Kabupaten Lumajang STA 33+000 - 37+000 Kabupaten Malang - Provinsi Jawa Timur. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
3112030092-3112030109-Non_Degree.pdf - Accepted Version Download (7MB) | Preview |
Preview |
Text
3112030092-3112030109-presentation.pdf - Presentation Download (798kB) | Preview |
Abstract
Ruas jalan Turen - batas Kabupaten Lumajang merupakan
jalan kolektor primer yang menghubungkan antara Malang dengan
Kabupaten Lumajang. Kerusakan struktur jalan di beberapa tempat
dan kurangnya saluran drainase yang memadai mengakibatkan
ketidak nyamanan dalam berkendara, maka dipandang perlu
penanganan peningkatan struktur dan kapasitas jalan agar dapat
menampung meningkatnya volume dan beban lalu lintas. Dalam
tugas akhir ini direncanakan peningkatan jalan dengan
menggunakan perkerasan lentur untuk ruas jalan Turen – batas
Kabupaten Lumajang pada STA 33+000 – 37+000.
Perencanaan peningkatan jalan ini meliputi perhitungan
analisa kapasitas jalan menggunakan Manual Kapasitas Jalan
Indonesia (MKJI 1997), perhitungan struktur perkerasan jalan
dengan menggunakan metode analisa komponen Departemen PU
Bina Marga, perencanaan tebal lapis tambah (overlay) dengan
Manual Pemeriksaan Perkerasan Jalan dengan Benkleman Beam,
kontrol geometrik jalan raya dengan menggunakan buku dasar –
dasar perencanaan geometrik jalan, perencanaan drainase dengan
menggunakan standart (Tata Cara Perencanaan Drainase Jalan SNI
03-3424-1994), dan untuk perhitungan rencana anggaran biaya
menggunakan analisa harga satuan yang diperoleh dari buku harga satuan pokok kegiatan (HSPK) Departemen Pekerjaan Umum
Direktorat Jendral Bina Marga.
Dari hasil analisa perencanaan, tipe medan ruas jalan
Turen – Lumajang termasuk daerah bukit, kapasitas jalan
diketahui mempunyai DS pada akhir umur rencana 0,85 <
0,75 sehingga diperlukan pelebaran jalur menjadi 9 meter (2
arah) tanpa median (2/2 UD), dengan bahu jalan
direncanakan 1,5 meter, sedangkan kecepatan rencana Vr =
40 km/jam. Untuk perencanaan tebal perkerasan didapat
survace course / lapis penutup ( AC Laston) = 10 cm, base
course / pondasi atas (batu pecah kelas B CBR 80%) = 20 cm
dan sub base course / pondasi bawah (sirtu kelas B CBR 60
%) = 55 cm, sedangkan untuk overlay didapat survace course
/ lapis penutup (AC Laston) = 8 cm. Untuk saluran drainase
menggunakan pasangan batu kali pada STA 33+000 –
37+000 dengan kedalaman maximum 1,20 m dan lebar
maximun 0,50 m. sedangkan untuk rencana anggaran biaya
Rp. 19,422,593,000.00 (Sembilan belas milyar empat ratus
dua puluh dua juta lima ratus Sembilan puluh tiga ribu
rupiah).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | RSS 625.7 Hab p 3100015060674 |
Uncontrolled Keywords: | Perencanaan peningkatan jalan ruas Turen – Batas Kab. Lumajang, STA 33+000 – 37+000, Perkerasan Lentur, planning the improvement of the road segment boundaries of Lumajang Turen, STA 33+000 – 37+000, flexible pavement. |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE175 Road and highway design |
Divisions: | Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22401-(D3) Diploma 3 |
Depositing User: | - Davi Wah |
Date Deposited: | 18 Dec 2019 04:30 |
Last Modified: | 18 Dec 2019 04:30 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/72357 |
Actions (login required)
View Item |