Dimensi Kontinu Stasiun Utama Monorel Surabaya

Rahmawati, Laura Tika (2015) Dimensi Kontinu Stasiun Utama Monorel Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknology Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3211100010-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
3211100010-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kemacetan sekarang ini merupakan salah satu masalah utama kota Surabaya.
Pemerintah kota sudah melakukan banyak hal untuk memecahkan masalah ini, mulai
dari pembangunan jalan baru sampai pembangunan ring road. Namun kemacetan
tidak berkurang. Jumlah kendaraan yang ada di Surabaya semakin meningkat setiap
tahunnya. Solusi kemacetan yang selama ini diberikan kurang efektif karena belum
menyelesaikan masalah kemacetan ini. Pembuatan jalan baru hanya akan menambah
penggunaan kendaraan pribadi. Oleh karena itu pemerintah merencanakan
membangun sistem transportasi massal yaitu angkutan massal cepat, atau yang biasa
disebut Mass Rapid Transit (MRT). Hal ini dinilai akan menjasi solusi yang efektif
karena pengguna jalan yang biasa menggunakan kendaraan pribadi akan beralih
menggunakan transportasi massal ini sehingga kapasitas penggunaaan kendaraan
pribadi di jalan akan berkurang.
Dalam sistem transportasi ini telah direncanakan sebuah stasiun pusat, yaitu
tempat dimana titik temu antara dua jalur berada. Di dalam stasiun pusat MRT
terdapat pergerakan penumpang yang besar dan secara cepat. Ketika kumpulan
penumpang yang besar mengalami pergerakan yang cepat maka yang terjadi akan
terjadi adalah suatu kerumitan. Maka sistem sirkulasi dalam stasiun merupakan hal
yang utama yang harus dibahas.
Dalam perancangan stasiun ini bertujuan untuk menyelesaikan masalah
sirkulasi yang terjadi di dalam bangunan agar jalur sirkulasi penumpang jelas dan
tidak terjadi persilangan antar pergerakan penumpang sehingga tidak menimbulkan
kekacauan pergerakan dan antrean penumpang.
=========================================================================================================
Nowadays, traffic jam is one of the main problems in Surabaya. The
government has done many things to solve this problem; making new roads, ring
roads, etc. But the traffic jam is not decreasing. The number of vehicles in Surabaya
increases each year. The solutions of the traffic jam that have been given are not
effective because the solutions didn’t solve the problem. Making new roads just
increases the users of private vehicles. Therefore the government is planning a mass
transportation system, that’s called Mass Rapid Transit. This will be effective because
the users of private vehicles will use the mass transportation so the capacity of the
private vehicles on the road will decrease.
In this transportation system, the government has planned a main station,
which is where two tracks meet in one point. In the main station of MRT there will be
a rapid mass movement. When a huge amount of users moves in the station, there will
be chaos if the circulation of the station is bad. Therefore, the circulation of the station
is the main problem to solve.
The goal of designing this station is to solve the circulation problem in the
building so the circulation of the passengers will be clear and there will not be
crossing between the movements of the passengers so there will not be any chaos.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSA 725.31 Rah d
Uncontrolled Keywords: Kemacetan, Mass Rapid Transit, Transportasi Massal, Sirkulasi
Subjects: T Technology > TF Railroad engineering and operation
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Architecture > 23201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 17 Dec 2019 02:42
Last Modified: 17 Dec 2019 02:42
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/72386

Actions (login required)

View Item View Item