Dimensi Kontinu Stasiun Utama Monorel Surabaya

Rahmawati, Laura Tika (2015) Dimensi Kontinu Stasiun Utama Monorel Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknology Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3211100010-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kemacetan sekarang ini merupakan salah satu masalah utama kota Surabaya. Pemerintah kota sudah melakukan banyak hal untuk memecahkan masalah ini, mulai dari pembangunan jalan baru sampai pembangunan ring road. Namun kemacetan tidak berkurang. Jumlah kendaraan yang ada di Surabaya semakin meningkat setiap tahunnya. Solusi kemacetan yang selama ini diberikan kurang efektif karena belum menyelesaikan masalah kemacetan ini. Pembuatan jalan baru hanya akan menambah penggunaan kendaraan pribadi. Oleh karena itu pemerintah merencanakan membangun sistem transportasi massal yaitu angkutan massal cepat, atau yang biasa disebut Mass Rapid Transit (MRT). Hal ini dinilai akan menjasi solusi yang efektif karena pengguna jalan yang biasa menggunakan kendaraan pribadi akan beralih menggunakan transportasi massal ini sehingga kapasitas penggunaaan kendaraan pribadi di jalan akan berkurang. Dalam sistem transportasi ini telah direncanakan sebuah stasiun pusat, yaitu tempat dimana titik temu antara dua jalur berada. Di dalam stasiun pusat MRT terdapat pergerakan penumpang yang besar dan secara cepat. Ketika kumpulan penumpang yang besar mengalami pergerakan yang cepat maka yang terjadi akan terjadi adalah suatu kerumitan. Maka sistem sirkulasi dalam stasiun merupakan hal yang utama yang harus dibahas. Dalam perancangan stasiun ini bertujuan untuk menyelesaikan masalah sirkulasi yang terjadi di dalam bangunan agar jalur sirkulasi penumpang jelas dan tidak terjadi persilangan antar pergerakan penumpang sehingga tidak menimbulkan kekacauan pergerakan dan antrean penumpang. ========================================================================================================= Nowadays, traffic jam is one of the main problems in Surabaya. The government has done many things to solve this problem; making new roads, ring roads, etc. But the traffic jam is not decreasing. The number of vehicles in Surabaya increases each year. The solutions of the traffic jam that have been given are not effective because the solutions didn’t solve the problem. Making new roads just increases the users of private vehicles. Therefore the government is planning a mass transportation system, that’s called Mass Rapid Transit. This will be effective because the users of private vehicles will use the mass transportation so the capacity of the private vehicles on the road will decrease. In this transportation system, the government has planned a main station, which is where two tracks meet in one point. In the main station of MRT there will be a rapid mass movement. When a huge amount of users moves in the station, there will be chaos if the circulation of the station is bad. Therefore, the circulation of the station is the main problem to solve. The goal of designing this station is to solve the circulation problem in the building so the circulation of the passengers will be clear and there will not be crossing between the movements of the passengers so there will not be any chaos.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSA 725.31 Rah d
Uncontrolled Keywords: Kemacetan, Mass Rapid Transit, Transportasi Massal, Sirkulasi
Subjects: T Technology > TF Railroad engineering and operation
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Architecture > 23201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 17 Dec 2019 02:42
Last Modified: 17 Dec 2019 02:42
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/72386

Actions (login required)

View Item View Item