Analisa Tingkat Kebisingan Di Kamar Mesin Dan Ruang Akomodasi Pada Kapal Penyeberangan Ketapang - Gilimanuk Serta Pemilihan Alternatif Peredaman

Isnan, Ahmad Jauhar (2016) Analisa Tingkat Kebisingan Di Kamar Mesin Dan Ruang Akomodasi Pada Kapal Penyeberangan Ketapang - Gilimanuk Serta Pemilihan Alternatif Peredaman. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4212100062-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
4212100062-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kebisingan adalah bunyi atau suara yang tidak
dikehendaki dan dapat mengganggu kesehatan, kenyamanan
serta dapat menimbulkan ketulian. Kebisingan dengan intensitas
tinggi yang tidak disadari menyebabkan dampak yang serius bagi
ABK. Karena dari sebagaimana yang kita ketahui untuk keondisi
kerja di kamar mesin kapal kenyamanan merupakan salah satu
faktor penting untuk menunjang aktivitas para ABK, karena
waktu lama kerja pada daerah tersebut dapat berlangsung lama
sesuai dengan rute pelayaran kapal tersebut. Hal ini juga
berpengaruh terhadap kenyamanan penumpang. Maka dari itu
perlu dilakukannya analisa akan kebisingan di kamar mesin dan
ruang akomodasi pada kapal KMP. Dharma Rucitra serta
memilih alternatif peredamannya.
Analisa dilakukan pada saat kapal berlayar sehingga
dapat didapatkan data yang lebih akurat. Pengambilan data
dilakukan pada tempat – tempat yang telah diatur oleh standar
MSC.337(91). Pengukuran dilakukan dengan alat soundlevel
meter.
Dari hasi pengukuran diketahui bahwa terdapat 7
ruangan pada kapal KM. Dharma Rucitra yang tidak memenuhi
standar dari MSC.337(91) yaitu diantaranya Engine Control
Room, Store Room, Ruang Akomodasi Penumpang (sound system
x
menyala), Ruang Akomodasi ABK 1, Ruang Akomodasi ABK 7,
Ruang Akomodasi ABK 8, Ruang Akomodasi ABK 10. kebisingan
dapat dikurangi dengan memberikan peredaman berupa
pemasangan glaswool pada ruangan yang tidak sesuai dengan
standar. Dengan pemasangan glaswool dan rockwool tingkat
kebisingan dapat berkurang sekitar 36 dB dan 41 dB pada
ruangan – ruangan tersebut.Selain itu demi kenyamanan para
ABK, maka diberikan alat pelindung kebisingan dan pengaturan
ulang jam kerja.
========================================================================================================
Noise is sound that is not wanted by the perceiver,
because it is unpleasant, disrupt health, comfort and can cause
deaf. Noise with high intensity can cause serious health impacts
for seafarers. Because comfort is one of the important factors for
seafarer’s work condition in engine room, it’s because work
duration in that area could be in long time accordance with
ship’s route. It is also affect passengers comfort. Therefore it
needs analysis of the noise in engine room and accommodation
spaces on KM. Dharma Rucitra, and choose an alternative noise
reduction.
Analysis done at the time when vessel sail, so that data
obtained would be more accurate. Collecting the data based on
area that are arranged on MSC.337(91) standard. The tool for
measurement is soundlevel meters.
Based on the measurement result known there are seven
space on KM. Dharma Rucitra ship that does not meet
MSC.337(91) standard, Engine Control Room, Store Room,
Accomodation Room Seafarer 1, Passenger Room, Accomodation
Room Seafarer 7, Accomodation Room Seafarer 8, Accomodation
Room Seafarer 10.
xii
Noise can be reduced by giving noise reduction with installation
of glasswool at rooms that are not accordance with standard. By
putting glasswools and rockwools, the noise level can be reduced
about 36 dB and 41 dB in the rooms. In addition for comfort,
seafarers given protective noise equipment and repeated
arrangement working hours.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 620.23 Isn a
Uncontrolled Keywords: Kebisingan, Standar Kebisingan, Glasswool, Rockwool
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7867.5 Noise
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 26 Dec 2019 07:55
Last Modified: 26 Dec 2019 07:55
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/72476

Actions (login required)

View Item View Item