Analisa Tingkat Kebisingan Di Kamar Mesin Dan Ruang Akomodasi Pada Kapal Penyeberangan Ketapang - Gilimanuk Serta Pemilihan Alternatif Peredaman

Isnan, Ahmad Jauhar (2016) Analisa Tingkat Kebisingan Di Kamar Mesin Dan Ruang Akomodasi Pada Kapal Penyeberangan Ketapang - Gilimanuk Serta Pemilihan Alternatif Peredaman. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4212100062-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kebisingan adalah bunyi atau suara yang tidak dikehendaki dan dapat mengganggu kesehatan, kenyamanan serta dapat menimbulkan ketulian. Kebisingan dengan intensitas tinggi yang tidak disadari menyebabkan dampak yang serius bagi ABK. Karena dari sebagaimana yang kita ketahui untuk keondisi kerja di kamar mesin kapal kenyamanan merupakan salah satu faktor penting untuk menunjang aktivitas para ABK, karena waktu lama kerja pada daerah tersebut dapat berlangsung lama sesuai dengan rute pelayaran kapal tersebut. Hal ini juga berpengaruh terhadap kenyamanan penumpang. Maka dari itu perlu dilakukannya analisa akan kebisingan di kamar mesin dan ruang akomodasi pada kapal KMP. Dharma Rucitra serta memilih alternatif peredamannya. Analisa dilakukan pada saat kapal berlayar sehingga dapat didapatkan data yang lebih akurat. Pengambilan data dilakukan pada tempat – tempat yang telah diatur oleh standar MSC.337(91). Pengukuran dilakukan dengan alat soundlevel meter. Dari hasi pengukuran diketahui bahwa terdapat 7 ruangan pada kapal KM. Dharma Rucitra yang tidak memenuhi standar dari MSC.337(91) yaitu diantaranya Engine Control Room, Store Room, Ruang Akomodasi Penumpang (sound system x menyala), Ruang Akomodasi ABK 1, Ruang Akomodasi ABK 7, Ruang Akomodasi ABK 8, Ruang Akomodasi ABK 10. kebisingan dapat dikurangi dengan memberikan peredaman berupa pemasangan glaswool pada ruangan yang tidak sesuai dengan standar. Dengan pemasangan glaswool dan rockwool tingkat kebisingan dapat berkurang sekitar 36 dB dan 41 dB pada ruangan – ruangan tersebut.Selain itu demi kenyamanan para ABK, maka diberikan alat pelindung kebisingan dan pengaturan ulang jam kerja. ======================================================================================================== Noise is sound that is not wanted by the perceiver, because it is unpleasant, disrupt health, comfort and can cause deaf. Noise with high intensity can cause serious health impacts for seafarers. Because comfort is one of the important factors for seafarer’s work condition in engine room, it’s because work duration in that area could be in long time accordance with ship’s route. It is also affect passengers comfort. Therefore it needs analysis of the noise in engine room and accommodation spaces on KM. Dharma Rucitra, and choose an alternative noise reduction. Analysis done at the time when vessel sail, so that data obtained would be more accurate. Collecting the data based on area that are arranged on MSC.337(91) standard. The tool for measurement is soundlevel meters. Based on the measurement result known there are seven space on KM. Dharma Rucitra ship that does not meet MSC.337(91) standard, Engine Control Room, Store Room, Accomodation Room Seafarer 1, Passenger Room, Accomodation Room Seafarer 7, Accomodation Room Seafarer 8, Accomodation Room Seafarer 10. xii Noise can be reduced by giving noise reduction with installation of glasswool at rooms that are not accordance with standard. By putting glasswools and rockwools, the noise level can be reduced about 36 dB and 41 dB in the rooms. In addition for comfort, seafarers given protective noise equipment and repeated arrangement working hours.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 620.23 Isn a
Uncontrolled Keywords: Kebisingan, Standar Kebisingan, Glasswool, Rockwool
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7867.5 Noise
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 26 Dec 2019 07:55
Last Modified: 26 Dec 2019 07:55
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/72476

Actions (login required)

View Item View Item