Evaluasi Kesadaran Berperilaku Lalu Lintas Masyarakat (Pelajar Tingkat Smp) Terhadap Tingkat Kecelakaan Di Jalan (Surabaya)

-, Syardianti (2016) Evaluasi Kesadaran Berperilaku Lalu Lintas Masyarakat (Pelajar Tingkat Smp) Terhadap Tingkat Kecelakaan Di Jalan (Surabaya). Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3114105031-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Keselamatan merupakan hal utama yang harus dijaga dan diterapkan pada saat berkendara. Salah satu penyebab kecelakaan dalam berkendara adalah kelalaian dan tidak patuh terhadap peraturan lalu lintas. Tingkat kecelakaan lalu lintas didominasi pada usia anak dan remaja, sebagaimana dilaporkan oleh Direktorat Keselamatan Transportasi Jalan, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat dengan pertumbuhan rata-rata tahun 2013 mencapai 39,88 %. Sementara pertumbuhan rata-rata korban kecelakaan lalu lintas berdasarkan tingkat pendidikan didominasi oleh tingkat SD (15,18 %), SMP (6,26 %), dan SMA (11,91 %). Hal ini juga terlihat dari fakta yang menyebutkan, kecelakaan yang berujung pada kematian yang diakibatkan oleh remaja usia 16 tahun hampir dua kali lipat lebih banyak daripada yang diakibatkan oleh remaja usia 18 dan 19 tahun, bahkan tiga kali lebih sering bila dibandingkan yang diakibatkan oleh pengemudi yang berusia di atas 20 tahun (News Wakoka, 2015). Perlu dilakukan penelitian untuk memperoleh nilai accident rate, tingkat pemahaman para pelajar SMP terhadap Peraturan Lalu Lintas. Niat dan tingkat pemahaman dijadikan viii sebagai parameter kesadaran berperilaku lalu lintas. Dari data tersebut diperoleh hubungan antara kesadaran berperilaku lalu lintas terhadap tingkat kecelakaan serta variabel lainnya. Dari hasil analisa diperoleh Accident Rate di Kota Surabaya secara umum (2010-2015) rata-rata sebesar 24,09 per 100 juta kend. Km. Tingkat kecelakaan tertinggi berada di jalan Blauran yaitu sebesar 78,87 per 100 juta kend. Km, dan terkecil berada di jalan Perak Barat yaitu sebesar 7,13 per 100 juta kend. Semakin kecil jumlah lajur akan memberikan kemungkinan terjadinya kecelakaan lebih besar Tidak ada perbedaan varians antara kelompok responden SMP Negeri dan Swasta terkait tentang tingkat pemahaman. Variabel yang mempengaruhi perilaku yang diukur dari niat adalah sikap (Coefficients Beta 0,163 > 0,05), norma subyektif (Coefficients Beta 0,271 > 0,05), dan kendali perilaku (Coefficients Beta 0,477 > 0,05) yang dipersepsikan. Sedangkan pengetahuan terkait peraturan lalu-lintas berpengaruh negatif signifikan pada niat mematuhi aturan lalu-lintas (Coefficients Beta - 0,048 < 0,05). KNOW (Pengetahuan) tidak berpengaruh terhadap Frekuensi Kecelakaan. Pengetahuan terkait peraturan lalu-lintas berpengaruh negatif signifikan pada frekuensi kecelakaan yang dialami. Coefficients Beta menunjukkan 0,056 > 0,05, menyatakan bahwa semakin besar pengetahuan seseorang tidak akan meningkatkan frekuensi kecelakaan. =========================================================================================================== Keselamatan merupakan hal utama yang harus dijaga dan diterapkan pada saat berkendara. Salah satu penyebab kecelakaan dalam berkendara adalah kelalaian dan tidak patuh terhadap peraturan lalu lintas. Tingkat kecelakaan lalu lintas didominasi pada usia anak dan remaja, sebagaimana dilaporkan oleh Direktorat Keselamatan Transportasi Jalan, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat dengan pertumbuhan rata-rata tahun 2013 mencapai 39,88 %. Sementara pertumbuhan rata-rata korban kecelakaan lalu lintas berdasarkan tingkat pendidikan didominasi oleh tingkat SD (15,18 %), SMP (6,26 %), dan SMA (11,91 %). Hal ini juga terlihat dari fakta yang menyebutkan, kecelakaan yang berujung pada kematian yang diakibatkan oleh remaja usia 16 tahun hampir dua kali lipat lebih banyak daripada yang diakibatkan oleh remaja usia 18 dan 19 tahun, bahkan tiga kali lebih sering bila dibandingkan yang diakibatkan oleh pengemudi yang berusia di atas 20 tahun (News Wakoka, 2015). Perlu dilakukan penelitian untuk memperoleh nilai accident rate, tingkat pemahaman para pelajar SMP terhadap Peraturan Lalu Lintas. Niat dan tingkat pemahaman dijadikan viii sebagai parameter kesadaran berperilaku lalu lintas. Dari data tersebut diperoleh hubungan antara kesadaran berperilaku lalu lintas terhadap tingkat kecelakaan serta variabel lainnya. Dari hasil analisa diperoleh Accident Rate di Kota Surabaya secara umum (2010-2015) rata-rata sebesar 24,09 per 100 juta kend. Km. Tingkat kecelakaan tertinggi berada di jalan Blauran yaitu sebesar 78,87 per 100 juta kend. Km, dan terkecil berada di jalan Perak Barat yaitu sebesar 7,13 per 100 juta kend. Semakin kecil jumlah lajur akan memberikan kemungkinan terjadinya kecelakaan lebih besar Tidak ada perbedaan varians antara kelompok responden SMP Negeri dan Swasta terkait tentang tingkat pemahaman. Variabel yang mempengaruhi perilaku yang diukur dari niat adalah sikap (Coefficients Beta 0,163 > 0,05), norma subyektif (Coefficients Beta 0,271 > 0,05), dan kendali perilaku (Coefficients Beta 0,477 > 0,05) yang dipersepsikan. Sedangkan pengetahuan terkait peraturan lalu-lintas berpengaruh negatif signifikan pada niat mematuhi aturan lalu-lintas (Coefficients Beta - 0,048 < 0,05). KNOW (Pengetahuan) tidak berpengaruh terhadap Frekuensi Kecelakaan. Pengetahuan terkait peraturan lalu-lintas berpengaruh negatif signifikan pada frekuensi kecelakaan yang dialami. Coefficients Beta menunjukkan 0,056 > 0,05, menyatakan bahwa semakin besar pengetahuan seseorang tidak akan meningkatkan frekuensi kecelakaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 363.125 Sya e
Uncontrolled Keywords: kecelakaan, remaja, perilaku lalu lintas, accident rate.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE355 Traffic engineering
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL725.3 Traffic Control
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 30 Dec 2019 02:29
Last Modified: 30 Dec 2019 02:29
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/72480

Actions (login required)

View Item View Item