Rancang Bangun Sistem Radar MIMO-FMCW Berbasis SDR (Software Defined Radio) - Design of MIMO-FMCW Radar System With SDR (Software Defined Radio)

Anggaprawira, Raditya (2016) Rancang Bangun Sistem Radar MIMO-FMCW Berbasis SDR (Software Defined Radio) - Design of MIMO-FMCW Radar System With SDR (Software Defined Radio). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
221100179-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Sistem MIMO dapat meningkatkan performa melalui sistem diversitas yang digunakan. Secara khusus, penelitian terakhir yang dilakukan menunjukkan bahwa sistem MIMO dapat secara signifikan meningkatkan kecepatan data pada sistem wireless tanpa meningkatkan daya pengiriman maupun bandwidthnya. Kini banyak peneliti yang mencoba untuk mengaplikasikan teknologi MIMO pada radar. MIMO radar merupakan pengembangan dari phased array radar yang telah banyak digunakan. Phased Array terdiri dari sejumlah elemen receiver yang saling berkorelasi. Dan radar MIMO merupakan pengembangan dari radar phased array dimana sinyal yang ditransmisikan tidak perlu berkorelasi pada setiap elemen-elemen receivernya. Pada penelitian ini, direalisasikan sistem radar MIMO berbasis SDR (Software Defined Radio) menggunakan Universal Software Radio Peripheral (USRP) untuk mengukur jarak target statis. Langkah yang dilakukan adalah implementasi, serta pengukuran untuk menguji tingkat akurasi deteksi dan resolusi jarak sistem Radar yang dibangun. Spesifikasi sistem Radar yang dibangun yakni menggunakan konfigurasi bistatic, bentuk gelombang Frequency Modulated Continuous Waveform (FMCW), dan beroperasi pada frekuensi 2,4 GHz. Pengolahan sinyal yang digunakan untuk melakukan deteksi target adalah korelasi silang. Implementasi dilakukan dengan menggunakan tiga unit USRP. Dari hasil pengukuran, jarak terdekat yang dapat terdeteksi adalah 4 meter. Radar masih dapat bekerja baik sampai dengan jarak 12 meter. Pada jarak 16 meter kemampuan radar mulai menurun ditunjukkan dengan tingkat eror dekteksi mencapai 50%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSE 621.384 Ang r
Uncontrolled Keywords: Radar, MIMO, FMCW,Korelasi Silang, SDR
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.76.A65 Application software
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 02 Jan 2020 07:04
Last Modified: 02 Jan 2020 07:04
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/72499

Actions (login required)

View Item View Item