Analisis Dampak Keselarasan Fungsionalitas Media Sosial Dan Proses Bisnis Terhadap Kinerja Ukm Garmen Di Jawa Timur

Annisa, Lolanda Hamim (2020) Analisis Dampak Keselarasan Fungsionalitas Media Sosial Dan Proses Bisnis Terhadap Kinerja Ukm Garmen Di Jawa Timur. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211750010018-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
05211750010018-Master_Thesis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi Informasi saat ini sangat berpengaruh pada sektor usaha yang ada di Indonesia. Salah satu bentuk perkembangan dari teknologi informasi ini adalah adanya media sosial yang banyak digunakan oleh pemilik usaha maupun non pemilik usaha. Media sosial pun memiliki fungsionalitas yang berbeda-beda yang dapat membantu memberikan dampak positif terhadap penggunannya yang salah satunya adalah pemilik usaha. Salah satu bentuk usaha yang ada di indonesia adalah UKM. UKM yang bergerak dibidang tekstil/garmen menjadi salah satu sektor yang berpengaruh pada pertumbuhan industri. Media sosial memberikan dampak yang cukup besar bagi kinerja UKM saat ini. Namun fungsionalitas dari media sosial belum didefinisikan secara spesifik. Pendefinisian fungsionalitas media sosial dilakukan untuk mengetahui sejauh mana media sosial akan dapat membantu kinerja dari UKM.
Penelitian ini akan berfokus pada analisis pengaruh penggunaan media sosial yang dapat menunjang kinerja proses bisnis yanga ada pada sebuah UKM di Indonesia. Penelitian ini akan diawali dengan identifikasi proses bisnis UKM berdasarkan Cross Industry Process Classification Framework, identifikasi fungsionalitas media sosial yang membantu proses bisnis, melakukan penilaian menggunakan Task-Technology Fit dan melakukan pengukuran kinerja proses bisnis dengan dan tanpa adanya dukungan media sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan pengumpulan data didapatkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan grounded theory dan penarikan kesimpulan dengan generalisasi proses bisnis. Yang menghasilkan pemetaan task-technology fit antara fungsionalitas media sosial dengan proses bisnis yang kinerjanya dipengaruhi oleh fungsionalitas media sosial serta memberikan gambaran kinerja proses bisnis yang terpengaruh dengan adanya penggunaan media sosial.
Hasil dari penelitian ini adalah analisis pemetaan proses bisnis yang dapat memperoleh daya dukung media sosial. Selain itu pada penelitian ini juga melakukan pengukuran kinerja dari proses bisnis UKM yang dukung oleh sosial media. Hasil pada penelitian ini dapat menjadi dasar untuk pengembangan dan implementasi teknologi informasi yang dapat meningkatkan kinerja dan daya saing UKM. Dalam penelitian ini memperoleh hasil analisis fungsionalitas media sosial yang terdefinisi sebegai fungsi-fungsi media sosial yang dibutuhkan oleh UKM di Indonesia. Fungsi tersebut dikelompokkan menjadi 4 fungsi yaitu : Fungsi Informasi, Fungsi Interaksi, Fungsi Reputasi, & Fungsi Pemasaran. Hasil dari pendefinisian fungsi tersebut terbukti memberikan dukungan kinerja terhadap proses bisnis UKM yaitu : Branding & Pemasaran, Penjualan, dan Layanan Pelanggan
=========================================================
The development of information technology is currently very influential in the business sector in Indonesia. One form of development of this information technology is the presence of social media that is widely used by business owners and non-business owners. Social media also has different functionalities that can help provide a positive impact on its users, one of which is a business owner. One form of business in Indonesia is UKM. UKM engaged in the textile / garment sector is one of the sectors that has an influence on industrial growth. Social media has a significant impact on the performance of SMEs today. But the functionality of social media has not been specifically defined. Defining social media functionality is carried out to determine the extent to which social media will be able to help the performance of SMEs.
This research will focus on the analysis of the influence of the use of social media that can support the performance of business processes that exist in an SME in Indonesia. This research will begin with identifying SME business processes based on the Cross-Industry Process Classification Framework, identifying social media functionality that helps business processes, conducting assessments using Task-Technology Fit and measuring business process performance with and without social media support. The research method used is qualitative research, with data collection obtained through observation, interviews, and documentation. Data analysis was performed using grounded theory and drawing conclusions by generalizing business processes. This results in a task-technology fit mapping between social media functionality and business processes whose performance is influenced by social media functionality and provides an overview of the performance of business processes that are affected by the use of social media.
The results of this study are the analysis of business process mapping that can obtain the carrying capacity of social media. In addition, this research also measures the performance of SME business processes that are supported by social media. The results of this study can be the basis for the development and implementation of information technology that can improve the performance and competitiveness of SMEs. In this study, the results of the analysis of social media functionality are defined as the functions of social media needed by SMEs in Indonesia. These functions are grouped into 4 functions: Information Function, Interaction Function, Reputation Function & Marketing Function. The results of defining these functions are proven to provide performance support for SME business processes, namely: Branding & Marketing, Sales, and Customer Service

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: UKM, TI, Fungsionalitas Media Sosial, Task-Technology Fit, Kinerja Proses Bisnis
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > 59101-(S2) Master Thesis
Depositing User: LOLANDA HAMIM ANNISA
Date Deposited: 18 Sep 2024 04:22
Last Modified: 18 Sep 2024 04:22
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/72579

Actions (login required)

View Item View Item