Permainan Augmented Reality Dalam Mendukung Pembelajaran Anak Tentang Binatang Pada Perangkat Ios

Putra, Radhea Wicaksono (2016) Permainan Augmented Reality Dalam Mendukung Pembelajaran Anak Tentang Binatang Pada Perangkat Ios. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
5112100126-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kebun binatang adalah tempat untuk menampung beragam jenis binatang yang dapat kita lihat langsung dan juga tempat wisata yang tepat untuk keluarga, apalagi bersama anak-anak. Mereka dapat belajar banyak tentang binatang. Namun waktu bisa jadi kendala bagi orang tua karena tidak sempat membawa anak mereka pergi kesana, sehingga belum ada kesempatan bagi anakanak untuk mengenal lebih tentang binatang. Augmented Reality merupakan salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Pembelajaran tentang binatang akan ditampilkan dalam bentuk realitas augmentasi. Lingkungan, binatang, objek, dan keadaan yang mendukung proses pembelajaran akan diubah ke dalam bentuk 3 dimensi yang menyerupai aslinya. Tugas akhir ini bertujuan untuk membuat sebuah permainan Augmented Reality pembelajaran anak-anak tentang binatang. Pengujian dilakukan dengan bantuan marker sebagai penempatan objek tiga dimensi dan suara yang berupa pertanyaan. Pengguna menyelesaikan beberapa skenario pembelajaran seperti menghitung, mencari, dan memilih binatang dengan menggunakan iPad. Pengukuran hasil uji dibantu dengan kuesioner untuk menilai tingkat kepuasan dalam proses pembelajaran. ====================================================================== Zoo is a place to see various animal in real and it is great for family to have a vacation with their children. The parents can acknowledges their children about animal, but sometimes they have no time to go there. That makes their childrens had no chance to learn more about the animal. Augmented Reality is one of the solution to overcome these problems. Learning about animals will be simulated in Augmented Reality. Environment, objects, animals, and circumstances will be converted into 3 dimentional shape that resembles the real world. This final project aims to create an Augmented Reality game to support childrens learning about animals by using iPad. The user used the marker to tested the application and showed the 3D object and the sound. User finished the scenes for examples counting, searching, and choosing the animal through iPad. the form is used to gives the user opinion and measurement scales.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSE 005.432 Put p
Uncontrolled Keywords: Kebun Binatang, Augmented Reality, iPad.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.76.A65 Application software. Enterprise application integration (Computer systems)
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Informatics > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 08 Jan 2020 04:10
Last Modified: 08 Jan 2020 04:10
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/72596

Actions (login required)

View Item View Item