Analisa Pengaruh Variasi Kekakuan Balok Dan Kolom Pada SRPMK Terhadap Daktilitas Dengan Metode Pushover Analysis

Pamenia, Putri Dwi Sri (2006) Analisa Pengaruh Variasi Kekakuan Balok Dan Kolom Pada SRPMK Terhadap Daktilitas Dengan Metode Pushover Analysis. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3102100053-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (882kB) | Preview

Abstract

Perkembangan konsep perencanaan struktur tahan gempa akhir-akhir ini telah bergeser dari konsep perencanaan yang berbasis kekuatan / gaya ( strength / force-based design) ke konsep perencanaan yang berbasis kinerja (performance – based design). Secara garis besar ada 3 metode/cara untuk menyesuaikan struktur kita dengan target performance yang kita inginkan yakni dengan merubah penulangan lentur elemen struktur, khususnya elemen kolom dimana elemen ini kemampuan berdefleksinya amat ditentukan oleh nilai tulangan lentur yang dipasang atau dengan merubah penulangan geser elemen struktur dan yang terakhir merubah nilai kekakuan (rigidity) dari struktur. Oleh karena itu pada tugas akhir ini akan dicoba untuk memberikan variasi kekakuan atau variasi dimensi elemen struktur dan rasio tulangan pada suatu sistem struktur portal terbuka (open frame)-solusi yang ketiga. Dipilihnya struktur portal terbuka (open frame) dikarenakan bahwa struktur portal terbuka dinilai lebih mewakili sebagai struktur gedung beraturan sehingga pengaruh Gempa Rencana dapat ditinjau sebagai pengaruh beban gempa statik ekivalen (SNI 03-1726-2002), untuk itu analisisnya dapat dilakukan berdasarkan analisis statik ekuivalen. Hasil utama yang telah diperoleh dari analisa ini adalah kurva kapasitas, dan letak pembentukan sendi plastis pada struktur dari kelima model struktur yang ada. Lalu dilanjutkan dengan membandingkan antara simpangan struktur yang sesuai dengan kapasitasnya dengan target simpangan yang ditetapkan sebelumnya. Dalam Tugas akhir hasil analisa yang didapatkan adalah pada mekanisme pembentukan sendi plastis yang terjadi, terlihat bahwa sendi plastis yang terbentuk lebih dominan terjadi di balok daripada di kolom. Hal ini sesuai dengan perencanaan awal yaitu beam sidesway mechanism, sehingga prinsip strong column weak beam tercapai. Selain itu dari hasil perbandingan antara target simpangan dengan simpangan aktual struktur menunjukkan bahwa kinerja struktur melampaui target yang ingin dicapai, hal ini juga terlihat pada nilai daktilitasnya dimana struktur 3 memiliki kinerja yang paling baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 624.177 23 Pam a
Uncontrolled Keywords: performance base design, nilai kekakuan (rigidity), Pushover Analysis, simpangan struktur, sendi plastis.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA683 Precast concrete construction. Prestressed concrete construction.
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 08 Jan 2020 08:26
Last Modified: 08 Jan 2020 08:26
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/72603

Actions (login required)

View Item View Item