Analisa Pengaruh Welding Sequence Terhadap Tegangan Sisa Dan Distorsi Pada Sambungan TUBULAR DT-JOINT Menggunakan Metode Elemen Hingga

Nurhayati, Rifqi Bintari (2016) Analisa Pengaruh Welding Sequence Terhadap Tegangan Sisa Dan Distorsi Pada Sambungan TUBULAR DT-JOINT Menggunakan Metode Elemen Hingga. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4312100121-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian tugas akhir ini akan dilakukan analisa pengaruh urutan pengelasan (welding sequences) terhadap tegangan sisa dan distorsi pada Sambungan tubular DT-Joint menggunakan metode elemen hingga. Tegangan sisa dan deformasi akibat proses pengelasan timbul akibat distribusi suhu yang tidak merata selama proses pemanasan dan pendinginan di daerah yang terlokalisir. Pemodelan menggunakan software berbasis metode elemen hingga dengan material baja tubular DT-Joint yang digunakan adalah ASTM A36. Pada pemodelan ini dilakukan dua analisa, yaitu analisa thermal dan analisa struktural. Dalam analisa thermal ini didapatkan distribusi thermal pada tubular DT-Joint setelah diaplikasikan beban heat flux saat pengelasan dan dilakukan pendinginan. Sedangkan dalam analisa struktural ini didapatkan nilai tegangan sisa dan deformasi setelah proses pengelasan dan pendinginan. Analisa dilakukan dengan menggunakan variasi urutan pengelasan (welding sequences). Dalam penelitian ini urutan pengelasan yang digunakan adalah urutan pengelasan menerus, simetris dan loncat atau putus-putus, dimana bertujuan agar mendapatkan urutan pengelasan yang menghasilkan tegangan sisa dan distorsi terkecil. Dalam penelitian ini dilakukan validasi dengan jurnal yang memiliki kesamaan material propertis serta Welding Procedur Specification (WPS). Tegangan sisa aksial dan deformasi terkecil adalah pengelasan menggunakan urutan pengelasan loncat, yaitu tegangan sisa aksial maksimal sebesar 252.736 MPa pada chord bagian atas dan 301.8 MPa pada bagian bawah chord. ============================================================================================================ In this research will be to analyze the influence of the welding sequence of the residual stress and distortion on Tubular DT-Joint connection using the finite element method. Residual stress and deformation due to the welding process arising from uneven temperature distribution during the process of heating and cooling in localized areas. Software-based modeling using finite element method with tubular steel material Tubular DT-Joint used is ASTM A36. In this modeling performed two analyzes, namely thermal analysis and structural analysis. In this thermal analysis thermal distribution obtained in the tubular DT-Joint after heat load applied flux when welding and cooling is done. While in the structural analysis is obtained value of residual stress and deformation after the welding process and cooling. The analyzes were performed using the welding sequence variations (welding sequences). In this study used welding sequence is a sequence of continuous welding, symmetric and jump or breaks up, which aims to get a welding sequence that produces the smallest residual stress and distortion. In this study validated by journals that have the same material properties as well as the Welding Procedure Specification (WPS). Axial residual stress and deformation is the smallest jump welding using welding sequence, the axial residual stress at a maximum of 252 736 MPa at the upper chord and 301.8 MPa at the bottom chord.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 671.52 Nur a
Uncontrolled Keywords: deformasi, distorsi, tegangan sisa, welding sequences.
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy > TN879.6 Welding
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 17 Jan 2020 07:30
Last Modified: 17 Jan 2020 07:30
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/72719

Actions (login required)

View Item View Item