Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Loyalty Terhadap Penggunaan Mobile Banking Dengan Structural Equation Modeling Yang Memiliki Variabel Mediasi Satisfaction

Putri, Gienzka Azzahra Wibowo (2020) Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Loyalty Terhadap Penggunaan Mobile Banking Dengan Structural Equation Modeling Yang Memiliki Variabel Mediasi Satisfaction. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211640000151-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
05211640000151-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Konteks: Salah satu jenis layanan mobile application berbasis transaksi finansial yang sedang dikembangkan saat ini adalah aplikasi layanan mobile banking. Aplikasi layanan mobile banking merupakan salah satu teknologi yang menjanjikan dimana layanan ini memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi perbankan dan PPOB (Payment Point Online Bank). Sehingga teknologi ini memiliki nilai yang sangat besar bagi perusahaan perbankan maupun nasabahnya. Permasalahan: Permasalahan yang sedang dialami saat ini yaitu tingkat adopsi aplikasi layanan mobile banking di Indonesia masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan karena rendahnya tingkat loyalitas nasabah yang ditunjukkan dengan kepemilikan mobile banking lebih dari satu bank yang berbeda. Oleh sebab itu, perlu dilakukan pengukuran terhadap faktor-faktor apa saja yang dapat memberikan pengaruh terhadap loyalitas nasabah dalam menggunakan aplikasi layanan mobile banking. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan struktural faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas nasabah dengan menganalisis faktor penggunaan berdasarkan variabel pada model UTAUT2 dan IS Success Model dan memberikan rekomendasi pengembangan faktor yang berpengaruh secara signifikan pada loyalitas nasabah terhadap penggunaan mobile banking sebagai bentuk upaya untuk meningkatkan loyalitas nasbah. Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan model UTAUT2 (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2) dan IS Success Model yang ditambahkan dengan variable Satisfaction. Loyalty, dan Usage sebagai landasan pembuatan hipotesis dengan variabel Satisfaction sebagai variabel mediasi. Hasil: Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu loyalitas (LYT) nasabah dipengaruhi secara signifikan oleh penggunaan (USE) sebesar β = 0.62 (direct effect). Sedangkan pengaruh penggunaan (USE) terhaadap loyalitas (LYT) melalui mediasi kepuasan (SATIS) sebesar β = 0.29 (indirect effect). Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa kepuasan (SATIS) sebagai variabel mediasi memiliki peran sebagai partial-mediation dengan nilai total effect sebesar 0.91. Selain itu, diberikan rekomendasi untuk meningkatkan faktor yang memiliki pengaruh yang signifikan dan penambahan factor yang dapat mempengaruhi loyalitas nasabah sebagai saran untuk penelitian selanjutnya. Nilai Tambah: Nilai tambah yang ada pada penelitian ini yaitu memiliki keterbaruan dalam penerapan software yang tidak digunakan sebelumnya yaitu menggunakan Lisrel. Selain itu, penelitian ini dapat dijadikan referensi terkait studi penelitian selanjutnya dengan memberikan saran terkait peningkatan variabel terukur dan saran penambahan variabel baru.
===============================================================================================================================
Context: One type of financial transaction-based mobile application services currently being developed is mobile banking service application. The mobile banking service application is one of the promising technologies where this service provides convenience in conducting banking transactions and PPOB (Payment Point Online Bank). So, this technology has enormous value for the banking company and its customers. Problem: The problem currently being experienced is the level of adoption of mobile banking service applications in Indonesia is still relatively low. This is due to the low level of customer loyalty as indicated by mobile banking ownership of more than one different bank. Therefore, it is necessary to measure what factors can influence customer loyalty while using mobile banking services. Objective: This study aims to identify structural relationships of factors that influence customer loyalty by analyzing usage factors based on variables in the UTAUT2 model and the IS Success Model and provide recommendations for the improvement of factors that significantly influence customer loyalty to the use of mobile banking as an effort to increase customer loyalty.
Method: The method that used in this research is Structural Equation Modeling (SEM) by using the UTAUT2 (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2) model and IS Success Model that added with the Satisfaction variable, Loyalty, and Usage as a basis for making hypotheses with Satisfaction as a mediating variable. Results: The results obtained in this study are that customer loyalty (LYT) is significantly influenced by the use (USE) of β = 0.62 (direct effect). While the effect of use (USE) on loyalty (LYT) through satisfaction mediation (SATIS) of β = 0.29 (indirect effect). From these results indicate that satisfaction (SATIS) as a mediating variable has a role as partial-mediation with a total effect value of 0.91. In addition, recommendations are given to improve factors that do not have a significant influence and the addition of factors that can affect customer loyalty as a suggestion for further research. Value Added: The added value in this research has a renewal in the application of software using Lisrel that not used before. In addition, this research can be used as a reference related to further research studies by providing suggestions related to the improvement of measured variables and suggestions for adding new variables.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSSI 519.53 Put a-1 2019
Uncontrolled Keywords: Mobile Banking, Structural Equation Modeling, UTAUT2, IS Success Model, Loyalty
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics > HA31.3 Regression. Correlation
Q Science > QA Mathematics > QA278.3 Structural equation modeling.
T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T11 Technical writing. Scientific Writing
T Technology > T Technology (General) > T57.5 Data Processing
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Gienzka Azzahra Wibowo Putri
Date Deposited: 13 Mar 2023 04:52
Last Modified: 13 Mar 2023 04:52
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/72733

Actions (login required)

View Item View Item