Optimasi Waktu Penggantian Komponen Roda Lokomotif Seri CC Di Dipo Lokomotif Sidotopo PT. Kereta Api Indonesia (PERSERO) Menggunakan Metode Power Law Process

Pangastuti, Sinta Septi (2016) Optimasi Waktu Penggantian Komponen Roda Lokomotif Seri CC Di Dipo Lokomotif Sidotopo PT. Kereta Api Indonesia (PERSERO) Menggunakan Metode Power Law Process. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[img] Text
1314105011- Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Moda transportasi darat yaitu kereta api saat ini berkembang pesat terutama di Pulau Jawa. Dengan meningkatnya jumlah pengguna jasa kereta api, maka perusahaan kereta api dituntut untuk semakin meningkatkan pelayanan serta keamanan. Seiring dengan tujuan perkeretaapian, maka perawatan lokomotif dilakukan di Dipo Lokomotif atau Balai Yasa milik PT Kereta Api Indonesia (Persero). Dipo Lokomotif Sidotopo merupakan bengkel tempat menyimpan, menyiapkan melakukan pemeriksaan, memelihara dan perbaikan ringan agar lokomotif siap untuk menarik rangkaian kereta api. Salah satu komponen yang penting dalam lokomotif adalah roda lokomotif. Perawatan yang dilakukan di Dipo Lokomotif sesuai dengan petunjuk Buku Panduan Manual milik PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang dilakukan tanpa adanya penelitian lebih lanjut apakah waktu perawatan dan penggantian tersebut sudah optimal. Dalam penelitian kali ini akan digunakan metode untuk menentukan kebijakan perbaikan komponen roda lokomotif yaitu Power Law Process, yang menghasilkan keputusan pemeliharaan yang optimal berdasarkan biaya minimum pada saat komponen roda sudah beroperasi selama 923 hari atau ketika komponen sudah dilakukan preventive sebanyak 2 kali dengan biaya penggantian yang dikeluarkan sebesar Rp.10.098,- per lokomotif per hari. Berdasarkan perhitungan ini bagian pemeliharaan dapat mengambil keputusan secara tepat kapan akan dilakukan penggantian terhadap komponen roda lokomotif sehingga kerugian dapat dicegah. ============================================================================================================= Land transport modes namely rail is now growing rapidly, especially in Java. With the increasing number of users of railway services, the railway company is required to further improve service and security. Dipo Locomotive Sidotopo a garage to store, prepare inspection, maintenance and minor repairs to be ready to pull the locomotive train series. One important component of the locomotive is the locomotive wheel. The treatment is carried out in accordance with the instructions dipo locomotive Handbook Manual PT Kereta Api Indonesia (Persero) is carried out without further research whether the maintenance time and replacement is optimal. In this research will be used for the improvement of methods Power Law Process to determine which component of locomotive wheel, which produces optimal maintenance decision based on the minimum cost at the time of wheel components has been operating for 923 days with the cost of Rp. 10.098,- per locomotive per day. Based on this calculation maintenance department can make decisions exactly when will be the locomotive wheels so that losses can be prevented.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSMa 515.642 Pan o-1
Uncontrolled Keywords: lifetime, Non-Homogen Poisson Process, Power Law Process, roda lokomotif
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA276 Mathematical statistics. Time-series analysis.
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Statistics > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 20 Jan 2020 02:36
Last Modified: 20 Jan 2020 02:36
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/72743

Actions (login required)

View Item View Item