Perencanaan Geometrik Monorel Melayani Kawasan Wisata Batu, Jawa Timur.

Pangestuti, Rahayuning (2016) Perencanaan Geometrik Monorel Melayani Kawasan Wisata Batu, Jawa Timur. Undergraduate thesis, Institut Teknology Sepuluh Nopember.

[img] Text
3111100040-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

Kota Batu adalah salah satu kota yang mempunyai banyak tempat wisata dan mempunyai bermacam masalah diantaranya adalah permasalahan dalam bidang penataan transportasi. Masalah yang paling menonjol dalam bidang transportasi adalah terjadinya kemacetan lalu lintas yang terjadi hampir merata diseluruh ruas jalan di Batu. Kemacetan tersebut secara umum terjadi akibat volume kendaraan yang melebihi kapasitas jalan. Untuk menanggulangi kemacetan tersebut tidak cukup hanya dengan menambah ruas jalan atau melebarkan jalur yang ada, dikarenakan fungsi lahan Kota Batu telah penuh dengan kawasan terbangun. Metode yang digunakan dalam menyelesaikan permasalahan adalah mengumpulkan data primer untuk mencari kapasitas parkir serta kapasitas penumpang di stasiun, dan data sekunder untuk menentukan rute terbaik dari beberapa alternatif, membuat gambar geometrik dari rute yang terpilih. Dalam tugas akhir ini direncanakan jalan monorel dengan panjang 9km dengan 5stasiun monorel. Jalur yang digunakan merupakan jalur ganda (double track) dengan kecepatan rencana 30km/jam dan jari-jari minimum 60m. Monorel menggunakan merk Scomi berdaya angkut maksimum 388 orang dengan 4 gerbong dan panjang monorel 57 meter. Dan kapasitas parkir viii untuk motor sejumlah 5320 kendaraan, bus 118 kendaraan, mobil 1254 kendaraan. ========================================================================================================== Batu is a city with a lot of tourism spots and has many problems such as transportation arrangement. The most noticable problem in the transportation field is a traffic congestion in every road in Batu. The traffic congestion happened because of the number of vehicle offseting the road capacity. To cope with the traffic congestion is not enough with just a lane road addition or widen the existing road, because there are no space left for that in Batu. The method used to cope with that problem is by collecting primary data to find parking capacity and passanger capacity in station, and collecting secondary data to determine the best route from available alternatives, then draw geometric drawing of the route that has been choosen. This final assignment planned monorail track 9 km long with 5 monorail station. The monorail track using double track system with 30 km/h speed and 60 m minimum circle radius. Monorail used scomi brand with carrying capacity of maximum 388 passanger in 4 car and the length of the monorail is 57 m. The parking capacity is 5320 motorcycles, 118 busses, and 1254 cars.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 625.103 Pan p
Uncontrolled Keywords: Geometrik Monorel, Park and Ride, Desain Tipikal Stasiun, Batu – Jawa Timur
Subjects: T Technology > TF Railroad engineering and operation
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 21 Jan 2020 02:37
Last Modified: 21 Jan 2020 02:37
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/72800

Actions (login required)

View Item View Item