Salamun, Khadijah Namira Putri (2020) Perkiraan Sisa Umur Konstruksi pada FPSO 100.000 DWT dengan Metode Simplified Fatigue. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
04111540000077_Undergraduate_Thesis.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Seiring dengan meningkatnya kebutuhan minyak dan gas, sekarang ini banyak digunakan floating structure untuk menjangkau pengeksploitasian di laut dalam. Salah satu floating structure yang digunakan adalah Floating Production Storage and Offloading (FPSO). FPSO sendiri merupakan bangunan terapung yang berbentuk kapal tanker. Kapal tanker sendiri memiliki resiko kecelakaan yang sangat tinggi, bukan hanya dikarenakan isi muatan yang dibawa sangat berbahaya namun ada faktor lain berupa beban dari lingkungan. Kerusakan struktur bangunan laut umumnya diakibatkan oleh kelelahan (fatigue). Kelelahan sendiri terjadi akibat struktur mendapatkan beban berulang. Umur kelelahan (fatigue life) pada struktur kapal tanker dapat dianalisis dengan menggunakan pendekatan-pendekatan pada Common Structural Rules. Tiga ruang muat pada bagian midship FPSO dimodelkan dengan bantuan software finite element sesuai dengan ketentuan Common Structural Rules (2014) yang kemudian dilakukan meshing dan pemberian beban pada daerah-daerah tertentu dalam 2 kondisi, yaitu ketika tinggi muatan setengah penuh (0.5h) dan saat ruang muat diberi muatan penuh (h). Analisis yang dilakukan adalah dengan memperhatikan beban sloshing dan momen lentur vertical. Kedua kondisi tersebut kemudian diberikan variasi roll angle motion yang dihitung sesuai dengan persamaan dalam CSR. Dan juga analisis ini dilakukan pada dua kondisi gelombang yaitu hogging dan sagging. Tegangan yang memiliki nilai paling besar dari setiap sambungan adalah tegangan yang akan dianalisis fatigue lifenya. Hasil analisis menunjukkan bahwa setiap masing-masing variasi pembebanan dan arah roll memiliki nilai tegangan yang berbeda-beda serta lokasi tegangan kritis yang rata-rata terjadi pada bracket ke-17 dengan longitudinal bulkhead. Umur kelelahan pada masing masing kondisi adalah 105 tahun pada Kondisi 1 (0.5h) dan 78 tahun pada Kondisi 2 (h). Perkiraan sisa umur konstruksi pada ruang muat FPSO ini yaitu sebesar 74 tahun, dikarenakan FPSO sudah mulai beroperasi setelah di konversi pada tahun 2016, yaitu 4 tahun yang lalu.
==================================================================================================================================
Along with the increasing demand for oil and gas, now a widely used of the floating structure to reach exploitation in the deep sea. One of the floating structure used is Floating Production Storage and Offloading (FPSO). The FPSO itself is a tanker-shaped floating construction. The tanker itself has a very high risk of accidents, not only because the contents of the cargo carried are very dangerous, but there are other factors in the form of loads from the environment. Damage to the floating structure is generally caused by fatigue. Fatigue itself occurs due to structures getting repetitive loads. Fatigue life in the tanker structure can be analyzed using approaches to the Common Structural Rules. Three cargo rooms in midhsip’s FPSO is modeled with the help of software finite element in accordance with the provisions of the Common Structural Rules (2014) which is then done meshing and giving load in certain areas in 2 conditions, when the filling height is half-full (0.5h) and when the cargo rooms are given a full charge (h). The analysis is carried out by pay attention to the internal sloshing pressure and bending moments. Both conditions are then given a variety of roll angle motion which is calculated based on Common Structural Rules. And also this analysis is carried out on two wave conditions, hogging and sagging. The stress value that has the highest value of each connection is the stress that will be analyzed for its fatigue life. The results of the analysis, show that each variation of the loading condition and direction of the roll has a different value and a different location of the critical stress. The fatigue life in each condition is 105 years on 1st condition (0.5 h) and 78 years on 2nd condition (h). The fatigue life estimation of the construction on this FPSO is 74 years because FPSO has been operated after being converted in 2016, which is 4 years ago.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fatigue Life, FPSO, Momen Lentur |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA418.38 Materials--Fatigue. V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM163 Hulls (Naval architecture) |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Khadijah Namira Putri Salamun |
Date Deposited: | 22 Jul 2024 02:15 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 02:15 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/72892 |
Actions (login required)
View Item |