Ramadhani, Fajar (2020) Analisis Penggunaan Social Software Dalam Penerapan Business Process Management Dan Knowledge Management Pada Perusahaan Di Indonesia. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
05211750010012-Master_Thesis.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Perusahaan dituntut untuk memiliki manajemen, sistem dan kinerja yang baik agar dapat bertahan dalam persaingan dunia bisnis. Dengan menerapkan Business Process Management (BPM) dan Knowledge Management (KM) maka organisasi dapat meningkatkan kemampuannya melalui penggunaan sumber daya pengetahuan individu dan pengetahuan kolektif organisasi yang lebih baik. Perusahaan yang telah menerapkan BPM seringkali mengalami permasalahan yang timbul karena tidak terstrukturnya proses serta perubahan pada penerapan BPM secara tradisional. Hal ini menyebabkan perbedaan dari proses model dan realita pelaksanaannya serta kegagalan dalam mengembangkan ide-ide dan inovasi. Masalah ini dapat diselesaikan dengan turut mengikut sertakan partisipasi yang aktif dari pemangku kepentingan yang berbeda pada penerapan BPM. Penggunaan social software pada upaya BPM dapat secara aktif melibatkan semua pemangku kepentingan yang relevan serta membantu pada proses pengelolaan pengetahuan. Penelitian ini akan berfokus pada analisis pengaruh penggunaan social software yang dapat menunjang kinerja proses bisnis yang ada pada sebuah perusahaan di Indonesia. Penelitian ini akan diawali dengan identifikasi manajemen proses bisnis pada perusahaan, identifikasi pengelolaan pengetahuan yang membantu proses bisnis, dan melakukan indentifikasi bentuk penggunaan serta menganalisis pemanfaatan social software pada penerapan BPM-KM di perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan multiple studi kasus. Objek yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah perusahaan yang memiliki proses bisnis yang cukup kompleks dan pemanfaatan teknologi informasi dalam organisasinya. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informasi yang didapatkan dari informan akan dianalisa grounded theory yaitu dengan tahapan open coding, axial coding, dan selective coding. Penelitian ini secara umum mengembangkan sebuah kerangka kerja untuk pemanfaatan social software dalam mendukung pelaksanaan tahapanan-tahapan dalam penerapan BPM-KM di perusahaan. Secara teoritis, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam menemukan klasifikasi bentuk social software mana yang sesuai untuk digunakan dalam mengelola pengetahuan pada proses penerapan BPM di organisasi. Secara praktis, hasil penelitian ini memberikan pengetahuan kepada organisasi dalam mengelola pengetahuan dan manajemen proses bisnis agar dapat meningkatkan proses bisnis yang dijalankan. Hasil akhir dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi tolak ukur, penyusunan dan optimisasi untuk meningkatkan kinerja serta daya saing pada organisasi.
===============================================================================================================================
Companies are required to have good management, systems and performance in order to survive in the competitive world of business. By implementing Business Process Management (BPM) and Knowledge Management (KM), organizations can improve their capabilities through better use of individual knowledge resources and collective organizational knowledge. Companies that have implemented BPM often experience problems that arise due to unstructured processes and changes to traditional BPM applications. This results in differences from the model process and the reality of its implementation and failure to develop ideas and innovations. This problem can be solved by including active participation from different stakeholders in the application of BPM. The use of social software in BPM efforts can actively involve all relevant stakeholders and help in the process of knowledge management. This research will focus on analyzing impact the use of social software that can support business processes performance that exist in a companies in Indonesia. This research will begin with the identification of business process management at the company, identification of knowledge management that helps business processes, and identify forms of use and analyze the use of social software in the application of BPM-KM in the company. The research method used is qualitative research, with multiple case studies. The objects to be examined in this study are companies that have quite complex business processes and the use of information technology in their organizations. Data collection is done through observation, interviews, and documentation. Information obtained from the informants will be analyzed by grounded theory, namely the stages of open coding, axial coding, and selective coding. This research generally develops a framework for the use of social software to support the implementation stages in the application of BPM-KM in the company. Theoretically, the results of this study are expected to be able to contribute in finding the classification of social software forms which are suitable for use in managing knowledge in the process of implementing BPM in organizations. Practically, the results of this study provide knowledge to organizations in managing knowledge and business processes management in order to improve business processes that are running. The final results of this study are expected to be a benchmark, preparation and optimization to improve performance and competitiveness in organizations.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | RTSI 658.403 801 1 Ram a-1 |
Uncontrolled Keywords: | Business Process Management, Knowledge Management, Social Software, Proses Bisnis, Grounded Theory. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems |
Divisions: | Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 59101-(S2) Master Thesis |
Depositing User: | Fajar Ramadhani |
Date Deposited: | 12 Mar 2025 01:28 |
Last Modified: | 12 Mar 2025 01:28 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/72932 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |