Analisis Persaingan Antar-Maskapai Penerbangan Berdasarkan Strategi Perubahan Harga Tiket Pesawat Menggunakan Metode Multiple Regression

Harjono, Okky Sukmawati (2016) Analisis Persaingan Antar-Maskapai Penerbangan Berdasarkan Strategi Perubahan Harga Tiket Pesawat Menggunakan Metode Multiple Regression. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2512100012-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
2512100012-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam rangka mempertahankan posisi perusahaan pada kompetisi di industri penerbangan, setiap maskapai tentunya memiliki strategi tersendiri. Untuk mengetahui bagaimana persaingan antar-maskapai penerbangan, perlu diketahui bagaimana strategi dari masing-masing maskapai. Salah satu strategi yang diterapkan oleh maskapai penerbangan adalah penentuan harga tiket pesawat yang selalu berubah-ubah untuk memaksimalkan revenue perusahaan. Permasalahan yang akan diselesaikan pada penelitian Tugas Akhir ini adalah mengetahui bagaimana respon perubahan harga tiket pesawat dari suatu maskapai penerbangan akibat dari perubahan harga tiket maskapai penerbangan lain. Perubahan harga ini dapat menggambarkan bagaimana persaingan antar-maskapai penerbangan. Maskapai yang diamati dalam penelitian ini adalah Batik Air, Citilink, Garuda, dan Lion Air. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah multiple regression analysis untuk data time-series.
Tahapan dalam pengerjaan penelitian Tugas Akhir ini terdiri dari pengumpulan data harga tiket pesawat, pengembangan model regresi, pengujian numerik berupa uji hipotesis, interpretasi dan analisis hasil, serta pengambilan kesimpulan dan saran. Hasil regresi didapatkan dari running model regresi menggunakan software R. Software ini merupakan software statistik yang dapat mengakomodasi berbagai macam model regresi dengan memasukkan persamaan regresi pada perintah software R. Pada penelitian ini dilakukan beberapa eksperimen yaitu membagi data pengamatan menjadi 4 kuartal, mengamati bagaimana pengaruh perubahan harga tiket antara dua maskapai sesama low cost carrier, sesama full service carrier, dan antara low cost carrier dan full service carrier, serta mengamati perbedaan persaingan antar-maskapai penerbangan pada hari Senin dengan hari Kamis.
Hasil dari penelitian Tugas Akhir ini adalah model multiple regression yang dapat menggambarkan hubungan antar-maskapai, pola perubahan harga tiket dari setiap maskapai yang dipengaruhi perubahan harga tiket maskapai lain, respon perubahan harga tiket pesawat dari setiap maskapai penerbangan akibat dari perubahan harga tiket pada maskapai lain, bagaimana persaingan yang terjadi antara dua maskapai sesama dan berbeda model bisnis, dan perbedaan dari persaingan yang terjadi pada jadwal penerbangan di dua hari yang berbeda.
==========================================================================================================
In order to maintain company’s position in airline competition, each airlines has their own strategy. To discover about competition between airlines, it must be known the strategy of each airlines. One of airline companies’ strategies is airfare determination that always change in order to maximize the companies’ revenue. The problem that will be completed in this Final Project research is to find out the airfare changing responses of an airline which caused by the airfare changing of other airlines. This changes can represent the condition of competition between airlines. The airlines that will be analyzed in this research are Batik Air, Citilink, Garuda, and Lion Air. This research will use multiple regression method for time-series data.
The steps in this Final Project research process are airfare data collection, regression model development, numerical examination in the form of hypothesis testing, result interpretation and analysis, conclusion and recommendation. The regression result is obtained from regression model running with R software. This software is a statistic software which can accomodate many regression model by inserting the regression equation in R software’s command. In this research, there are several experiments that will be conducted. Those experiments are dividing data quarterly, observing the airfare changing effect between two low cost carrier, two full service carrier, and between low cost and full service carrier, and observing the differences of airlines competition between Monday and Thursday airlines’ schedules.
The results of this Final Project research are the multiple regression model which can represent the relationship between airlines, the airfare changing pattern of each airlines that influenced by the airfare changing of other airlines, the airfare changing responses of an airlines that caused by the airfare changing of other airlines, the competition between two airlines that have the same of different business model, and the differences of airlines competition on two different days’ schedules.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSI 658.401 2 Har a
Uncontrolled Keywords: multiple regression, persaingan, perubahan harga tiket
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Planning. Business planning. Strategic planning.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 24 Jan 2020 04:02
Last Modified: 24 Jan 2020 04:02
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/73045

Actions (login required)

View Item View Item