Studi Eksperimen Pengaruh Tumbuh Biofouling pada Lambung Kapal Terhadap Meningkatnya Friction Resistance

Yuliansyah, Muhammad Hanif (2020) Studi Eksperimen Pengaruh Tumbuh Biofouling pada Lambung Kapal Terhadap Meningkatnya Friction Resistance. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04111640000051_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
04111640000051_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penempelan biofouling yang tumbuh pada lambung kapal dapat menambah kekasaran dan ketebalan pada permukaan kapal yang tercelup air laut. Perubahan aliran laminar ke turbulen menjadi cepat ketika melewati permukaan kapal yang kasar dimana pada bagian buritan lambung kapal merupakan bagian tumbuh biofouling yang paling kasar. Perubahan aliran ini mengakibatkan meningkatnya friction resistance dari kapal sehingga menimbulkan dampak yang cukup banyak seperti penurunan kecepatan, peningkatan konsumsi bahan bakar, penurunan efisiensi dan lain-lain. Dalam penelitian ini, fungsi kekasaran biofouling diperoleh dari hasil survei pada MV Mentari Pratama ketika docking di PT PAL yang kemudian diskala dalam bentuk model menggunakan pendekatan eksperimental untuk menemukan coefficient friction (CF) akibat ditumbuhi biofouling. Studi ini didasarkan pada serangkaian pengujian pelat datar pada wind tunnel yang ditutupi dengan amplas sebagai model kekasaran biofouling. Kekasaran biofouling yang didapatkan dikategorikan sebagai ks dengan variasi ukuran kasar 1 (amplas grit P150), kasar 2 (amplas grit P100), dan kasar 3 (amplas grit P60) dengan dengan 10 macam variasi pengujian. Dari analisis hasil eksperimen, didapatkan bahwa terjadi peningkatan nilai coefficient friction (CF) pada pengujian setelah ditambahkan biofouling setelah kurun waktu 2 (dua), semakin tinggi nilai ks berpengaruh terhadap semakin tinggi nilai coefficient friction (CF) yang didapat, penambahan coefficient friction (CF) terbesar terjadi ketika keadaan irregular roughness pada variasi 321, ini menunjukkan bahwa ketebalan biofouling di bagian buritan (variasi 123) menghasilkan coefficient friction (CF) yang lebih kecil dibanding bertambahnya ketebalan biofouling dibagian haluan (variasi 321).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: kekasaran, wind tunnel, friction, biofouling
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM161 Ships--Hydrodynamics
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM751 Resistance and propulsion of ships
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Yuliansyah Muhammad Hanif
Date Deposited: 22 Jul 2024 01:28
Last Modified: 22 Jul 2024 01:29
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/73111

Actions (login required)

View Item View Item