Analisa Pengaruh Penambahan Panjang Skeg Terhadap Wake Fraction Sistem Propulsi Kapal Pada KMP. Cakalang II dengan Metode CFD

Zulaila, Zulaila (2020) Analisa Pengaruh Penambahan Panjang Skeg Terhadap Wake Fraction Sistem Propulsi Kapal Pada KMP. Cakalang II dengan Metode CFD. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211746000003-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
04211746000003-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (6MB)

Abstract

Wake adalah perbedaan antara kecepatan kapal dengan kecepatan air yang melalui propeller. Wake pada kapal dapat terjadi karena pengaruh dari lambung kapal itu sendiri, yaitu air akan mengalir menuju buritan kapal dan membentuk arus. Skeg merupakan salah satu modifikasi bentuk buritan kapal yang berfungsi untuk mengatur fluida yang mengalir ketika melewati lambung kapal dan propeller. Pada kapal jenis twin srew, skeg ini memiliki fungsi untuk mengatur aliran fluida propeller menuju kemudi, dan memisahakan aliran fluida agar tidak turbulen antar gaya dorong propeller. Pada KMP. Cakalang II merupakan jenis kapal twin screw yang memiliki skeg di bagian buritan kapal. Skeg pada kapal ini dilakukan penambahan sepanjang 1500 mm, hal ini dilakukan agar kapal menjadi lebih stabil. Sehingga dalam tugas akhir ini akan dilakukan analisa bagaimana pengaruh penambahan panjang skeg terhadap resistane, aliran dan wake fraction pada KMP. Cakalang II dengan metode Computational Fluid Dynamic menggunakan software NUMECA Fine Marine sebagai pengolah data hingga nantinya didapat hasil yang diinginkan. Dari hasil simulasi dapat disimpulkan bahwa luas skeg semakin besar maka wetted surface area semakin besar sehinga tahanan semakin besar yaitu pada model skeg 2 dengan luas skeg 6.64 m2. Pada aliran atau wake flow yang dihasilkan bahwa luas skeg yang besar akan menyebabkan penambahan advance velocity, yaitu Va terbesar pada skeg 2 dengan niali Va 6.05 knots. Sedangakn pada nilai wake fraction bahwa semakin besar luas skeg maka terjadi pengurangan pada nilai wake fraction pada skeg 2 yaitu 0.109. hal ini nilai wake fraction akan berpengaruh terhadap gaya dorong kapal
==================================================================================================================================
Wake is the difference between the service velocity a ship and the advance velocity through a propeller. Wake on a ship can occur due to the effect of the ship's hull itself, water will flow into the stern of the ship and produce currents. Skeg is one of the modifications to the shape of the stern of the ship which serves to regulate the fluid that flows when passing through the hull and propeller. On twin srew type vessels, skeg has a function to regulate the flow of propeller fluid to the steering, and to separate the fluid flow so that it is not turbulent between propeller thrust forces. At the KMP. Cakalang II is a type of twin screw ship that has a skeg at the stern of the ship. Skeg on this ship is added along 1500 mm, this is to make the ship becomes more stable. So in this thesis will be analyzed how the effect of additional length of the skeg to resistance, flow and wake fraction on the KMP. Cakalang II with the Computational Fluid Dynamic method uses NUMECA Fine Marine software as a data processor. From the simulation results it can be concluded that the greater of area skeg, the greater the wetted surface area so resistance is greater, in the model skeg 2 with an area of skeg 6.64 m2. In the flow or wake flow that is produced that a large skeg area will cause the addition of advance velocity, which is the largest Va in skeg 2 with the value Va 6.05 knotss. While the value of the wake fraction that the greater the greater of the skeg, there is a reduction in the value of the wake fraction in skeg 2 which is 0.109, and wake value will affect the thrust of the ship.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSSP 623.873 Zul a-1
Uncontrolled Keywords: Aliran, CFD, Skeg, Tahanan, Wake.
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM751 Resistance and propulsion of ships
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM773 Ship propulsion, Electric
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Zulaila .
Date Deposited: 08 May 2023 08:22
Last Modified: 08 May 2023 08:22
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/73427

Actions (login required)

View Item View Item