Faizati, Ulul (2020) Pengaruh Kontrol Diri, Emosi Diri, dan Sumber Pendapatan terhadap Perilaku Menabung Milenial (Studi Eksperimental pada Mahasiswa Manajemen Bisnis ITS). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
09111640000087-Undergraduate_Thesis.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Generasi milenial adalah generasi yang mendominasi bonus demografi Indonesia. Milenial diprediksi akan menentukan wajah baru Indonesia di masa depan, terutama dalam hal pertumbuhan ekonomi dan keuangan. Perilaku menabung adalah salah satu karakteristik milenial yang menarik untuk diteliti, dimana milenial Indonesia terindikasi memiliki perilaku menabung yang rendah, namun milenial memiliki tujuan hidup tinggi di masa depan, seperti pembelian rumah dan liburan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kontrol diri, emosi diri, dan sumber pendapatan terhadap perilaku menabung milenial Indonesia. Pengumpulan data dilakukan melalui dua desain eksperimen, yaitu desain faktorial dan kontrol purnauji. Studi eksperimental dilakukan dengan subjek mahasiswa Manajemen Bisnis ITS. Dari pelaksanaan eksperimen, diperoleh sebanyak 146 data pada desain faktorial dan 99 data pada desain kontrol purnauji. Metode pengolahan data yang digunakan adalah analysis of varians (ANOVA) yang terdiri dari two-way ANOVA dan one-way ANOVA. Hasil dari peneltian ini adalah terdapat perbedaan perilaku menabung milenial yang dipengaruhi oleh kontrol diri, emosi diri, dan sumber pendapatan. Kontrol diri dan emosi diri tinggi memiliki pengaruh berlebih dibandingkan kontrol diri dan emosi diri rendah, sedangkan sumber pendapatan hasil kerja keras memiliki pengaruh berlebih dibandingkan pemberian cuma-cuma. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi manajerial kepada generasi milenial, pemerintah Indonesia, dan penyedia jasa layanan keuangan.
=================================================================================================================================
Millennial is the generation that currently dominating Indonesia's demographic bonus. It is predicted that millennials will determine the new face of Indonesia in the future, especially in terms of economic and financial growth. Savings behavior is an interesting millennial characteristic to be studied. Indonesia's millennial is indicated to have a low saving behavior. But, millennial has high life goals in the future, such as home purchases and vacations. This study examines the effect of self-control, self-emotion, and income sources on the saving behavior of Indonesia's millennial generation. Data collection was carried out through two experimental designs (factorial design and control purnauji design). An experimental study was conducted with ITS Business Management student. From the experimental studied, 146 data were obtained in the factorial design and 99 data in the control purnauji design. Hypothesis testing using analysis of variance (ANOVA) consisting of two-way ANOVA and one-way ANOVA. The results of this research are there are differences in millennial saving behavior that influenced by factors of self control, self emotion, and source of income. High self-control and high self-emotion have more influence on saving behavior than low self-control and low self-emotion. The source of income from hard work has more influence on saving behavior than from giving.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | RSMB 658.403 8 Fai p-1 2020 |
Uncontrolled Keywords: | Kontrol Diri, Emosi Diri, Sumber Pendapatan, Perilaku Menabung, Generasi Milenial, Studi Eksperimental |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Ulul Faizati |
Date Deposited: | 23 Apr 2024 03:48 |
Last Modified: | 23 Apr 2024 03:48 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/73440 |
Actions (login required)
View Item |