Perencanaan Strategi Berbasis Lean Startup pada Perusahaan Rintisan Fintech Pendanaan (PT XYZ) dengan Pendekatan MCDM-ANP dan QSPM

Gibranata, Ian (2020) Perencanaan Strategi Berbasis Lean Startup pada Perusahaan Rintisan Fintech Pendanaan (PT XYZ) dengan Pendekatan MCDM-ANP dan QSPM. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 09211750014024-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
09211750014024-Master_Thesis.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Perusahan rintisan fintech pendanaan telah banyak bermunculan di Indonesia sejak tahun 2014, tercatat hingga saat ini ada 227 perusahaan rintisan fintech pendanaan. Agar dapat bersaing dengan kompetitornya, perusahaan tersebut harus menerapkan strategi bisnis yang sesuai dengan kondisinya. PT XYZ merupakan salah satu perusahaan rintisan fintech pendanaan yang memiliki visi menjadi fintech terpercaya dan mampu mendorong tumbuhnya ekonomi Indonesia. Namun karena perusahaan rintisan memiliki modal yang terbatas untuk melakukan pengembangan, maka penelitian ini bertujuan untuk melakukan perencanaan strategi bisnis yang tepat untuk diterapkan oleh perusahaan rintisan fintech pendanaan (PT XYZ). Penelitian ini dimulai dengan melakukan klasifikasi dan pre-analisis dengan metode Delphi terhadap faktor internal dan eksternal yang berpengaruh dalam industri fintech pendanaan. Kemudian penentuan kondisi internal dan eksternal perusahaan rintisan dilakukan untuk mendapatkan matriks IFE dan EFE dengan cara membagikan kuisioner kepada pihak PT XYZ. Selanjutnya, analisis matriks IE dan SWOT dilakukan untuk menghasilkan beberapa alternatif strategi yang sesuai dengan kondisi perusahaan. Setelah itu, pada tahap keputusan alternatif tersebut dibobot menggunakan pendekatan ANP dan dilakukan penentuan strategi dengan QSPM. Berdasarkan hasil analisis matriks IE, perusahaan rintisan (PT XYZ) merupakan perusahaan dalam tahap bertumbuh dan berkembang yaitu dengan nilai IFE 3,01 dan EFE 2,77. Strategi bisnis yang cocok diimplementasikan adalah strategi pengembangan pasar (TAS=5,53), yaitu memperluas jaringan ekosistem UMKM perikanan dan pengolahannya dengan melakukan validasi pasar, produk, dan bisnis.
=================================================================================================================================
Many fintech lending startups have sprung up in Indonesia since 2014, until now there have been 227 fintech lending startups. In order to compete with its competitors, the startup company must implement the right business strategies based on their conditions. PT XYZ is a fintech funding startup that has a vision to be a trusted fintech and is able to drive the growth of the Indonesian economy. However, because startups have limited capital to develop, this research aims to plan the right business strategy to be implemented by funding fintech startups (PTXYZ). This study began by conducting a classification and pre-analysis with the Delphi method of internal and external factors that influence the funding fintech industry. Then the determination of the internal and external conditions of the startups is done to get the IFE and EFE matrix by distributing questionnaires to PT XYZ. Furthermore, IE and SWOT matrix analysis is carried out to produce several alternative strategies that are in line with company conditions. After that, the alternative decision stage was weighted using the ANP approach and a strategy was determined by QSPM. Based on the results of the IE matrix analysis, the startup company (PT XYZ) is a company in the growth and development stage with IFE 3.01 and EFE 2.77. A suitable business strategy to be implemented is the market development strategy (TAS = 5.53), which is expanding the fisheries and processing MSME ecosystem network and processing it by validating markets, products, and businesses.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTMT 658.401 2 Gib p-1 2020
Uncontrolled Keywords: Fintech, Lean Startup, Manajemen Strategik, MCDM-ANP, QSPM
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Planning. Business planning. Strategic planning.
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD62.5 New business enterprises. Business incubators.
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Technology Management > 61101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Ian Gibranata
Date Deposited: 22 Apr 2024 03:02
Last Modified: 22 Apr 2024 03:02
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/73496

Actions (login required)

View Item View Item