Fitrianty, Adinda (2020) Kajian Pola Pergerakan Berbasis Transit Pada Kawasan TOD Regional Di Jakarta Pusat. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
08211540000095-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Download (8MB) | Preview |
Abstract
Kawasan Dukuh Atas, Kawasan Tanah Abang, dan Kawasan Senen merupakan kawasan pusat kegiatan regional di Jakarta Pusat. Kawasan-kawasan tersebut merupakan kawasan yang dikembangkan menjadi kawasan TOD regional Jakarta Pusat berdasarkan Peraturan Presiden No. 55 Tahun 2018 Tentang Rencana Induk Transportasi Tahun 2018-2029. Tujuan dari pengembangan kawasan berbasis TOD adalah mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan beralih menggunakan transportasi publik, berjalan kaki, dan bersepeda. Namun, hingga saat ini kawasan TOD regional di Jakarta Pusat masih didominasi dengan penggunaan kendaraan pribadi dibanding menggunakan transportasi publik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pola pergerakan berbasis transit pada tiga kawasan TOD regional di Jakarta Pusat. Untuk mencapai tujuan penelitian, terdapat beberapa sasaran yang perlu dipenuhi, yaitu sebagai berikut: 1) Menganalisis karakteristik kawasan TOD regional Jakarta Pusat berdasarkan kriteria Transit Oriented Development. 2) Mengidentifikasi pola pergerakan berbasis transit pada ketiga kawasan TOD regional di Jakarta Pusat. 3) Menganalisis keterkaitan pola pergerakan dengan karakteristik kawasan transit melalui perbandingan ketiga kawasan TOD regional di Jakarta Pusat.
Hasil dari penelitian ini adalah pola pergerakan berbasis transit pada kawasan TOD regional Jakarta Pusat memiliki perbedaan yang signifikan pada variabel maksud pergerakan dan usia pelaku pergerakan. Indikator kawasan TOD yang memiliki pengaruh signifikan terhadap jumlah pengguna transit (Y) adalah indikator diversitas (X1) dengan model regresi yang didapatkan adalah: JPT= -1,064+ 0,110X1. Indikator diversitas memiliki pengaruh signifikan terhadap perbedaan pola pergerakan berbasis transit di ketiga kawasan TOD regional Jakarta Pusat. Berdasarkan hasil analisis korelasi, variabel penggunaan lahan non residential memiliki pengaruh signifikan terhadap perbedaan maksud pergerakan berbasis transit pada ketiga kawasan TOD regional di Jakarta Pusat.
===================================================================================================================================
Dukuh Atas, Tanah Abang, and Senen transit Area are located in the hub of Central Jakarta. Those areas are developed into regional TOD based on President Regulation No. 55 of 2018 on Transportation Master Plan 2018-2029. Implementation TOD aims to reduce automobile dependence and shift mode use to public transportation, walking, and cycling. Yet until now automobile dependence still dominating in the regional TOD area in Central Jakarta than people who use public transportation.
This study aims to know the differences transit-based travel pattern on three regional TOD area in Central Jakarta. To achieve that, there are several stages in this study: 1) analyze Central Jakarta regional TOD area characteristics based on Transit Oriented Development concept; 2) identify transit-based travel pattern on three Central Jakarta regional TOD area; 3) analyze interaction between travel pattern and transit area characteristic through comparison on three regional TOD area in Central Jakarta.
A Result from this study is that travel patterns in Central Jakarta Regional TOD area have differences in the purpose of travel and traveler’s age. Diversity (X1) indicator has an impacts significantly on a number of travelers (Y) and the regression model is JPT= -1,064+ 0,110X. A diversity indicator affects significantly to differences transit-based travel patterns in Central Jakarta regional TOD areas. Based on correlation analysis and crosstab results, diversity indicator has linkage significantly to travel pattern variables on each regional TOD area in Central Jakarta.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | 3100020084695 RSPW 388.4 Fit k-1 |
Uncontrolled Keywords: | transit oriented development, pola pergerakan transit |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE311.I4 Urban transportation |
Divisions: | Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Regional & Urban Planning > 35201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Fitrianty Adinda |
Date Deposited: | 02 Jan 2023 06:59 |
Last Modified: | 02 Jan 2023 06:59 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/73526 |
Actions (login required)
View Item |