Integrated FMEA-MCDM Untuk Penentuan Prioritas Gangguan Operasional Pada Proses Produksi

Muqimuddin, Muqimuddin (2020) Integrated FMEA-MCDM Untuk Penentuan Prioritas Gangguan Operasional Pada Proses Produksi. Masters thesis, Institut Teknologo Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02411850010002-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
02411850010002-Master_Thesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Gangguan selalu terjadi dalam proses produksi dan juga menyebabkan penurunan produktivitas. Apabila terdapat beberapa jenis gangguan yang terjadi, maka pembuat keputusan perlu memprioritaskan gangguan secara tepat karena terdapat risiko sebagai konsekuensi ketika prioritas yang dibuat salah. FMEA adalah salah satu metode yang sering digunakan untuk evaluasi dan penentuan prioritas, terutama kegagalan sebagai satu jenis gangguan untuk meminimalkan risiko yang dapat diadopsi untuk menilai dan mengevaluasi gangguan. FMEA memiliki beberapa kekurangan termasuk tidak mempertimbangkan bobot tingkat kepentingan tiap faktor, tidak mempertimbangkan uncertain information dari ahli, tidak mempertimbangkan biaya sebagai salah satu faktor, Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melakukan modifikasi model FMEA untuk memprioritaskan gangguan dalam proses produksi. Dalam mencapai tujuan ini, beberapa metode diintegrasikan termasuk Analytical Hierarchy Process (AHP) yang bertujuan untuk menentukan bobot kepentingan tiap elemen RPN. Selain itu, penelitian ini menggunakan Technique for Order Preference by Similarity to an Ideal Solution untuk memprioritaskan gangguan. Rough set juga digunakan sebagai metode untuk mengaggregasi pendapat para ahli, dan juga digunakan untuk mengakomodasi uncertain information. Model ini juga mempertimbangkan loss revenue sebagai aspek untuk mengukur tingkat keparahan gangguan dalam menentukan prioritas. Hasil studi kasus menujukan bahwa terdapat perubahan 5 prioritas gangguan teratas apabila penentuan keputusan mempertimbangkan bobot tingkat kepentingan tiap RPN dan uncertain information.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTI 658.5 Muq i-1 2020
Uncontrolled Keywords: FMEA, Loss revenue, Uncertain Information, Operational Disruption
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS155 Production control. Production planning. Production management
T Technology > TS Manufactures > TS176 Manufacturing engineering. Process engineering (Including manufacturing planning, production planning)
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Industrial Engineering > 26101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Muqimuddin Muqimuddin
Date Deposited: 18 Jan 2024 08:29
Last Modified: 18 Jan 2024 08:29
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/73551

Actions (login required)

View Item View Item