Permatasari, Ruwinda (2020) Analisa Kestabilan Tegangan Sistem Distribusi Arus Searah Pada Kapal Trimaran Bertenaga Listrik Hybrida Berbasis Etap. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
04211640000018-Undergraduate_Thesis.pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
Para pelaku pada bidang maritim saling membuat inovasi untuk menciptakan teknologi yang cangih namun disertai juga peningkatan polusi terhadap lingkungan. Penyumbang polusi terhadap lingkungan salah satunya adalah gas buang kapal yang berupa NOx, SOx dari hasil pembakaran bahan bakar di mesin utama. Polusi udara ini menyebabkan efek kumulatif yang berkontribusi terhadap masalah kualitas udara keseluruhan yang dihadapi oleh populasi di banyak wilayah dan juga mempengaruhi lingkungan alami. Oleh karena itu, pada saat ini banyak penelitian telah dilakukan untuk mengurangi emisi gas buang dari kapal, Salah satu diantaranya adalah penggunaan sistem hybrid di kapal. Sistem hybrid yang ada dikapal merupakan kemajuan teknologi kapal ramah lingkungan dengan menggabungkan bahan bakar dengan energi terbarukan sebagai sumber energipenghasil listrik. Oleh karena itu penggunaan energi listrik pada sistem hybrid diperlukan adanya analisa kestabilan tegangan pada kapal untuk memastikan tegangan yang terdistribusikan dapat terus stabil selama penggunaan. Berdasarkan hal tersebut dapat digunakan sebagai dasaran untuk menyusun studi mengenai analisa kestabilan tegangan pada kapal trimaran bertenaga listrik hybrida dengan metode simulasi transient stability menggunakan software. Pada penelitian ini difokuskan pada sistem distribusi pada kapal trimaran bertenaga listrik hybrida dengan analisa variasi penggunaan pembangkit listrik yang digunakan dan perubahan mendadak pada beban distribusi. Hasil menyimulasikan dari 3 skenario variasi penggunaan pembangkit dengan tingkat kestabilan yang sesuai standart nilai toleransi stabilitas teganganndari IEEE Std 45-2002, 4,5 dan BKI Vol IV hanya pada skenario 4 generator beroperasi tanpa menggunakan baterai dengan persentase stabilitas tegangan mencapa 99,6%. Pada analisa kondisi perubahan beban mendadak hasil yang didapatkan tingkat kestabilan yang memenuhi standart ialah pada saat skenario 4 generator dengan beban terbesar lepas 10 detik ataupun saat beben sedang dan beban kecil yang lepas selama 10 detik. Persentase tegangan menunjukan adanya kenaikan tetapi masi dalam nilai toleransi dari standart nilai toleransi stabilitas teganganndari IEEE Std 45-2002, 4,5 dan BKI Vol IV ±5%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | sistem hybrida, stabilitas teganganan transient, ETAP |
Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM773 Ship propulsion, Electric |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | RUWINDA PERMATASARI |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 06:17 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 08:58 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/73751 |
Actions (login required)
View Item |