Perencanaan Integrated Territory Manage Service Access Dengan Metode Time and Territory Management (Studi Kasus Unit Bisnis Gubeng PT. TLKM)

Murprayana, Yulianti (2020) Perencanaan Integrated Territory Manage Service Access Dengan Metode Time and Territory Management (Studi Kasus Unit Bisnis Gubeng PT. TLKM). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 09211650014013-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
09211650014013-Master_Thesis.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian kali ini adalah menilai kemampuan kerja SDM (teknisi lapangan) pada unit bisnis Gubeng PT. TLKM, menghitung beban kerja wilayah pada unit bisnis Gubeng PT. TLKM, dan merancang Integrated Territory Manage Service Access berdasarkan metode Time And Territory Management pada unit bisnis Gubeng PT. TLKM. Pada tahap awal penulisan kali ini dilakukan studi literatur. Selanjutnya sebagai perbandingan dengan penelitian lain, maka dipilih beberapa penelitian terdahulu sebagai referensi. Kemudian dilakukan identifikasi masalah (tahap define), menetapkan tujuan, pengumpulan data (tahap measure) yang meliputi data primer dan data sekunder, selanjutnya dilakukan analisa faktor kegagalan (FMEA) (tahap Analyze), kemudian pembahasan dan rekomendasi (Time and Territory Management) (tahap Improve), serta evaluasi (tahap Control), dan terakhir adalah kesimpulan dan saran. Hasil pada penelitian ini adalah (1) dari hasil perhitungan diketahui nilai Work Load Analysis (WLA) kemampuan kerja teknisi lapangan dalam setahun di pekerjaan provisioning adalah 6,471 kunjungan dan untuk pekerjaan assurance adalah 15,174 kunjungan, (2) dari hasil perhitungan diketahui nilai Account Analysis (AA) jumlah kunjungan yang harus dilakukan dalam satu tahun untuk pekerjaan provisioning adalah 3,893 kunjungan dan sedangkan untuk pekerjaan assurance adalah 20,341 kunjungan, (3) dari hasil perbandingan antara account analysis dan workload analysis untuk pekerjaan provisioning masih berada di bawah angka 1 (satu), yaitu sebesar 0.60. Sedangkan pekerjaan assurance diketahui bahwa nilai yang dihasilkan adalah lebih dari 1 (satu), yaitu sebesar 1.34. Dimana hal ini menyatakan bahwa untuk teknisi provisioning beban kerja masih dalam batas underload sedangkan teknisi assurance mengalami kelebihan beban pekerjaan atau overload, dan (4) dengan melakukan pergeseran teknisi provisioning menjadi 7 tim dan 12 orang teknisi assurance untuk meng-cover unit bisnis Gubeng, diharapkan tidak ada lagi pekerjaan yang overload dan underload. Sehingga dapat memberikan pelayanan maksimal.
=================================================================================================================================
The purpose of this research was to evaluate human resource skill (field technician) of Gubeng Business Unit PT. TLKM, calculate area workload in Gubeng Business Unit PT. TLKM, and plan Integrated Territory Manage Service Access based on Time And Territory Management on Gubeng Business Unit PT. TLKM. The early stage in this research is literacy study. As comparison, several previous researches were selected as reference. Then problem identification (Define step); set goals, collect data (Measure step) that includes primary and secondary data; analyze the failure factors using FMEA (Analyze stage); calculating, explanation and recommendation using Time and Territory Management (Improve step); evaluation of the prior steps results (Control step); and the last step was conclusion and suggestion. The research found that (1) The field technicians capacity in a year (Workload Analysis) for Provisioning was 6,471 visits and for Assurance was 15,174 visits; (2) The total visits that must be conducted in a year (Account Analysis) for Provisioning was 3,893 visits and for Assurance was 20,341 visits; (3) Based on the comparison between Account Analysis and Workload Analysis found that the value of Provisioning was less than 1 (one), equal to 0.60, meanwhile the value of Assurance was more than 1(one) equal to 1.34(3); Those values explains that Provisioning job was underload and Assurance job was overload; (4) By reforming the Provisioning in to 7 teams and Assurance in to 12 technicians to cover Gubeng Business Unit services, it was expected no more overload and underload jobs. So that it can provide better service.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTMT 658.54 Mur p-1 2020
Uncontrolled Keywords: Perencanaan, Integrated Territory Manage Service Access, Time And Territory Management, Work Load Analysis (WLA), Account Analysis (AA)
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.8 Productivity. Efficiency
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Technology Management > 61101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Yulianti Murprayana
Date Deposited: 29 Nov 2024 02:03
Last Modified: 29 Nov 2024 02:03
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/73816

Actions (login required)

View Item View Item