Perencanaan Lokasi dan Dimensi Pemberhentian Bus Antar Kota di Kecamatan Babat pada Jalan Arteri Primer

Huda, Nurul (2020) Perencanaan Lokasi dan Dimensi Pemberhentian Bus Antar Kota di Kecamatan Babat pada Jalan Arteri Primer. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111340000063-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
03111340000063-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Lamongan salah satu kota berkembang yang dilalui jalan arteri primer sehingga fasilitas transportasi massal tentunya dibutuhkan bagi masyarakat Lamongan terutama di Kecamatan Babat. Oleh karena adanya jalur tersebut bisa menumbuhkan perpindahan penduduk dari daerah berkembang (Lamongan) menuju kota besar (Surabaya) dan sebaliknya. Perpindahan penduduk juga faktor dari segi ekonomi untuk munuju Kota dan sebaliknya yang mengakibatkan permintaan terhadap angkutan umum khususnya bus yang semakin tinggi di Kecamatan Babat. Untuk itu perlunya Halte Bus di Kecamatan Babat untuk kenyamanan para penumpang angkutan umum (bus). Faktor lain perlunya direncanakan Halte adalah beberapa tahun uang lalu Babat memiliki Terminal Transit namun saat ini terminal tersebut alih fungsi menjadi perluasan pasar Babat sehingga perlunya perencanaan Halte yang diperlukan bagi calon penumpang agar bisa lebih nyaman dan aman saat menggunnakan angkutan umum (bus). Sebagai bahan studi perencanaan lokasi dan lokasi pemberhentian bus antar kota di Kecamatan Babat pada jalan arteri primer sebagai fasilitas bagi pengguna kendaraan umum menuju kota lain, untuk itu di lakukan penentuan titik lokasi halte di Kecamtan Babat pada jalan arteri primer (jalan raya Babat-Lamongan). Untuk mendapatkan lokasi, dimensi (bentuk) halte dan akses bagi penumpang, dimulai dengan survey penumpang naik turun, survey jumlah bus, survey dan volume lalu lintas. Analisa volume lalu lintas untuk mengetahui nilai deggre of saturation (DS) eksisting tahun 2019, dengan anlisa DS dilakukan dengan perumusan PKJI 2014. Survey jumlah bus dilakukan untuk mendapatkan nilai headway dan survey naik turun penumpang dilakukan untuk mendapatkan lokasi halte dan akses bagi penupang bus. Dengan analisa yang dilakukan, didapatkan bahwa diperoleh halte rencana 12 titik bus stop (shelter) di sepanjang jalan arteri primer di kecamatan Babat dengan dibuat lajur penyiap agar tidak terjadi penumpukan kendaraan saat bus menaik turunkan penumpang, dimensi halte A,B, dan C panjang 53 m dengan lebar 5m, halte G dan K panjang 53 m dan lebar 7 m sedangkan untuk halte D,E,H,G,J,L, dan K panjang 52 m dengan lebar 5 m. Didapatkan headway 3 menit. Akses penumpang ke halte dengan penyeberangan pelikan.
=================================================================================================================================
Lamongan is a develop city which is passed by arterial road, so the public transportations are needed for transporting passengers in that city to other districts. It also can increase the movement between Surabaya and Lamongan. Because the fares became an important consideration to Lamongan’s peoples, the public transportation has a big demand in Lamongan especially in Babat sub-district. In consequnces, the bus stop would be designed to rise the comfort, safety, and above all convenience for passengers. In this study, the location of bus stop would be placed on arterial road in Babat sub-district as a facility for passengers to travel within cities. So that, this study specified the locations of bus stop in Babat-Lamongan. In order to obtain the feasible location and dimension, surveying to the number of busses, the number of passengers, and the volume of traffic was required. Traffic volume was analysed to determine the degree of saturation (DS) in 2019 and used PKJI 2014 as the formula. The number of busses was examined to get the headway value. Latest, the passenger survey was investigated to find the feasible location and access for passengers. The bus stops were planned in 12 locations thoughout arterial road in Babat-Lamongan which used (lajur penyiap). It will avoid the buidup of passengers when climbing and boarding. The dimension of bus stop with code A,B, and C was designed with the length equal to 53 m and the width equal to 5 m, bus stop with code F and I was designed with the length equal to 53 m and the width equal to 5 m, furthermore, D,E,H,G,J,L, and K bus stop was designed with the length equal to 52 m and the width equal to 5 m. The headway was obtained in 3 minutes. Passengers access used pelikan crossing.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSS 690.538 Hud p-1 2019
Uncontrolled Keywords: Headway, Jumlah Penumpang, Lokasi Halte, Dimensi Halte, Akses Bagi Penumpang Bus, Degree Of Saturation.
Subjects: Q Science
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Nurul Huda
Date Deposited: 25 Apr 2024 04:07
Last Modified: 25 Apr 2024 04:07
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/73874

Actions (login required)

View Item View Item