Analisis Pengaruh Lubang Peringan Terhadap Faktor Konsentrasi Tegangan Manhole Pada Wrang Pelat

Ruhyadi, Pramodana Haekal (2020) Analisis Pengaruh Lubang Peringan Terhadap Faktor Konsentrasi Tegangan Manhole Pada Wrang Pelat. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04111540000090-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
04111540000090-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Konstruksi pada kapal biasa memiliki bukaan untuk mempermudah akses maupun tujuan lainnya. Pada wrang pelat, profil bukaan manhole merupakan salah satu bukaan paling umum yang berada di konstruksi double bottom. Dengan adanya manhole, akses lalu orang dapat dilakukan demi pengecekan tanki dan kepentingan lainnya. Dengan adanya lubang pada suatu struktur dapat menyebabkan terjadinya tegangan yang terkonsentrasi. Suatu penelitian telah dilakukan untuk mencari solusi dalam pengurangan konsentrasi tegangan pada suatu struktur, salah satunya adalah penambahan lubang di sisi dari lubang utama. Pada wrang pelat, terdapat juga profil lubang lainnya seperti lubang peringan. Fungsi lubang peringan merupakan untuk meringankan berat dari suatu struktur. Dengan adanya lubang peringan yang diatur dengan diameter ukurannya serta jaraknya terhadap manhole, diasumsikan dapat mengurangi tegangan terkonsentrsi yang terjadi pada manhole di wrang pelat. Metode pengujian secara numerik dilakukan untuk mencari variasi model dengan faktor konsentrasi tegangan paling rendah. 24 variasi model dibuat yang terdiri dari 12 model manhole horizontal dan 12 manhole vertikal. Dengan dilakukannya analisis elemen hingga, didapatkan bahwa dengan mengatur geometris lubang peringan, didapatkan pengurangan faktor konsentrasi tegangan tarik sebesar 14% untuk model manhole horizontal dan 17,5% untuk model manhole vertikal. Didapatkan juga perpindahan konsentrasi tegangan tarik pada beberapa model yang berawal terletak di sekitar manhole menjadi di sekitar lubang peringan. Pada analisis kekuatan struktur didapatkan bahwa hanya satu model desain wrang pelat yang tidak memenuhi tegangan izin yang disebabkan oleh beban statis ruang muat dan beban air laut.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSPe 623.817 Ruh a-1
Uncontrolled Keywords: Wrang Pelat, Manhole, Lubang Peringan, SCF, FEA, dst.
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Pramodana Haekal Ruhyadi
Date Deposited: 22 Jul 2024 02:24
Last Modified: 22 Jul 2024 02:24
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/74012

Actions (login required)

View Item View Item