Analisa Performa Pembakaran Mesin Diesel Berbahan Bakar Ganda dengan Metode Simulasi

Dianita, Theresia (2020) Analisa Performa Pembakaran Mesin Diesel Berbahan Bakar Ganda dengan Metode Simulasi. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211641000004-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
04211641000004-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Bahan bakar alternatif yang layak untuk pembakaran dalam adalah gas alam. Mesin berbahan bakar ganda yang menggunakan gas alam menghasilkan torsi yang tinggi dan efisiensi termal yang baik serta menghasilkan emisi yang lebih rendah dibandingkan mesin diesel konvensional. Beberapa peneliti menyatakan bahwa efisiensi pembakaran mesin berbahan bakar ganda memburuk pada kondisi beban rendah. Pada penelitian ini membahas performa pembakaran menggunakan simulasi GT-POWER dengan variasi substitusi gas dan diesel, yaitu 70% diesel:30% CNG, 65% diesel:35% CNG, 60% diesel:40% CNG, dan 55% diesel:45% CNG; variasi pembebanan, yaitu 1000-4000 watt dengan interval 1000; dan variasi kecepatan mesin, yaitu 1800-2200 rpm dengan interval 100. Analisa yang dilakukan mengenai pengaruh variasi konsumsi bahan bakar terhadap tekanan silinder, suhu silinder, laju pelepasan panas, dan efisiensi volumetrik. Dari 3 variasi variabel pada penelitian ini, selisih tekanan silinder paling besar adalah 4% dan paling kecil adalah 0.01%. Hasil suhu silinder meningkat seiring dengan meningkatnya konsumsi gas dengan selisih suhu silinder paling besar adalah 1.41% dan paling kecil adalah 0.08%. Hasil laju pelepasan panas adalah meningkat seiring meningkatnya konsumsi gas. Hasil efisiensi volumetrik menurun seiring meningkatnya konsumsi gas dengan selisih efisiensi volumetrik paling besar adalah 1.88% dan paling kecil adalah 0.28%.
=============================================================================================================================
The viable alternative fuel for internal combustion is natural gas. Dual fuel engine that used natural gas produced high torque and a better thermal efficiency and generate less emission than conventional diesel engine. Researchers revealed that combustion efficiency on dual fuel engine decrease in low load condition. On this research discuss combustion performance using GT-POWER simulation with diesel and gas consumption variation, that are 70% of diesel:30% of CNG, 65% of diesel:35% of CNG, 60% of diesel:40% of CNG, 55% of diesel:45% of CNG; load variation, that is 1000-4000 watt with interval 1000; and engine speed variation, that is 1800-2200 rpm with interval 100. The analysis is carried out to discuss gas consumption variation effect to cylinder pressure, cylinder temperature, heat release rate, and volumetric efficiency. From 3 variable variations on this research, the biggest cylinder pressure difference is 4% and the smallest is 0.01%. Cylinder temperature increased with increasing gas consumption. The biggest cylinder temperature difference is 1.41% and the smallest is 0.08%. Heat release rate result increased with increasing gas consumption. Volumetric efficiency decreased with increasing gas consumption. The biggest volumetric efficiency difference is 1.88% and the smallest is 0.28%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: efisiensi volumetrik, laju pelepasan panas, mesin diesel berbahan bakar ganda, suhu silinder, tekanan silinder, variasi konsumsi gas
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Theresia Dianita
Date Deposited: 03 Oct 2024 05:31
Last Modified: 03 Oct 2024 05:31
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/74161

Actions (login required)

View Item View Item