Analisis Pembentukan Tarif Jasa Layanan Barang Non Petikemas dengan Pendekatan Bisnis Proses dan Pembiayaan: Studi Kasus Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta

Sukma, Ariyanti Dwi (2020) Analisis Pembentukan Tarif Jasa Layanan Barang Non Petikemas dengan Pendekatan Bisnis Proses dan Pembiayaan: Studi Kasus Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04411540000016_Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
04411540000016_Undergraduate_Thesis.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kompetisi global saat ini semakin tajam dan ketat, semakin diperkuat pula dengan kemajuan teknologi yang semakin maju di segala bidang, termasuk dalam bidang Transportasi Laut. World Bank menyebutkan bahwa kinerja logistik Indonesia diukur dari komponen Logistics Performance Index (LPI) masih belum efisien. Pada tahun 2018 Indonesia mengalami peningkatan rangking dengan menduduki peringkat ke-51, sedangkan pada tahun 2016 menduduki peringkat ke-63. Salah satu hal yang mempengaruhi kinerja logistik terutama pada sektor pelabuhan adalah tingginya tarif pelabuhan di Indonesia yang masih tinggi sehingga membuat daya saing pelabuhan Indonesia rendah dibandingkan negara Asia lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah merekomendasikan pembentukan tarif dengan menggunakan metode Activity Based Costing. Aktivitas pada setiap kegiatan pelabuhan menjadi sangat penting dalam hal ini. Perhitungan biaya di dasarkan pada masing-masing pemicu biaya, kemudian akan di bebankan ke setiap peroduk jasa. Tarif kemudian di hasilkan dan di bandingkan dengan tarif eksisting dan memiliki selisih sebesar masing-masing jasa dermaga 14%, jasa bongkar muat curah kering 49%, jasa bongkar muat breakbulk 60% dan jasa penumpukan sebesar 21%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSTrL 388.049 Suk a-1
Uncontrolled Keywords: Pelabuhan, Tarif, Metode Activity Based Costing, Akuntansi Biaya
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T11 Technical writing. Scientific Writing
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Sea Transportation Engineering
Depositing User: Ariyanti Dwi Sukma
Date Deposited: 12 Dec 2022 04:23
Last Modified: 12 Dec 2022 04:23
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/74168

Actions (login required)

View Item View Item