Studi Eksperimen Pengaruh Penggunaan Berbagai Material Dari Medan Magnet Pada Bahan Bakar Biodiesel B20 Dan Performa Pada Mesin Diesel

PERDANA, HAFIZ NUGIANTA HADI (2020) Studi Eksperimen Pengaruh Penggunaan Berbagai Material Dari Medan Magnet Pada Bahan Bakar Biodiesel B20 Dan Performa Pada Mesin Diesel. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211540000037_Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
04211540000037_Undergraduate_Theses.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Meningkatnya penggunaan bahan bakar fosil pada industri dan transportasi menyebabkan cadangan minyak bumi dunia menipis, hal ini menyebabkan harga minyak bumi meningkat. Salah satu cara untuk meningkatkan performa mesin dan mengurangi konsumsi bahan bakar adalah dengan menggunakan paparan medan magnet pada saluran bahan bakar. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa paparan medan magnet dapat meningkatkan performa mesin diesel. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengujian performa dari motor diesel dengan menggunakan bahan bakar yang diberi medan magnet dari 3 jenis magnet permanen, yaitu magnet yang terbuat dari Neodymium Besi Boron (NdFeB), Aluminium Nikel Kobalt (AlNiCo), dan Ferrite (Fe). Hasil pengujian lalu dibandingkan tingkat pengaruh pada bahan bakar dari masing-masing jenis magnet. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Pengujian performa pada motor diesel Yanmar TF85MH meliputi daya, torsi, efisiensi thermal, BMEP (Brake Mean Effective Pressure), dan SFOC (Specific Fuel Oil Consumption). Bahan bakar yang digunakan pada penelitian ini adalah Biodiesel B20 dari PT Pertamina. Hasil penelitian menunjukkan bahwa magnet neodymium (NdFeB) adalah magnet terbaik dari 3 jenis magnet yang diujikan dengan peningkatan daya rata-rata keseluruhan sebesar 2,30%, peningkatan rata-rata torsi dan rata-rata BMEP keseluruhan sebesar 2,35%. Nilai SFOC rata-rata bertambah sebesar 1,58%, dan rata-rata Efisiensi Thermal menurun sebesar 1,66%
==============================================================================================================================
The increasing use of fossil fuels in industry and transportation causes the world petroleum reserves to run low, this causes the price of petroleum to increase. One way to improve engine performance and reduce fuel consumption is to use magnetic fields around the fuel lines. Several studies have proven that magnetic fields exposure can improve performance while reducing emissions. This study aims to test the performance and exhaust emissions of diesel engines by using biodiesel B20 exposed by magnetic field from 3 types of permanent magnets, namely magnets made from Neodymium Iron Boron (NdFeB), Aluminum Nickel Cobalt (AlNiCo), and Ferrite (Fe). The test results then compared the degree of influence on the fuel of each type of magnet. The method used in this research is the experimental method. Performance tests on the Yanmar TF85MH diesel motor include power, torque, thermal efficiency, BMEP (Brake Mean Effective Pressure), and SFOC (Specific Fuel Oil Consumption). The fuel used in this study is Biodiesel B20 from PT Pertamina. The results showed that neodymium magnets (NdFeB) were the best magnet of the 3 magnets tested with an average increase in power of 2.30%, an increase in average torque and average BMEP of 2.35%. average SFOC value increased by 1.58%, and average Thermal Efficiency decreased by 1.66%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Biodiesel, Magnet Permanen, Medan Magnet, Performa,Magnetic Fields, Performance, Permanent Magnets
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Perdana Hafiz Nugianta Hadi
Date Deposited: 03 Oct 2024 06:14
Last Modified: 03 Oct 2024 06:14
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/74237

Actions (login required)

View Item View Item