Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Generasi Millennial Terhadap Minat Beli Daring Pada Media Sosial Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM)

Botaniska, Scandic Thalys (2020) Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Generasi Millennial Terhadap Minat Beli Daring Pada Media Sosial Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of UNDERGRADUATE THESES - 05211440000102.pdf]
Preview
Text
UNDERGRADUATE THESES - 05211440000102.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Saat ini, kita telah berada dalam sebuah era yang erat dengan teknologi komunikasi dan informasi. Media sosial menjadi hal yang sangat berkembang dan sejalan dengan pesatnya kebutuhan pengguna terhadap sebuah informasi. Media sosial merupakan suatu wadah dimana setiap orang dapat saling berhubungan atau saling berkomunikasi dan menyampaikan opini mereka tanpa ada yang melarang, tanpa ada batasan jarak, maupun ruang dan waktu. Media ini juga dapat membuat pengguna mengetahui berita atau fenomena yang terjadi lebih cepat dibandingkan memperoleh informasi melalui media massa lainnya seperti televisi maupun media cetak. Beberapa contoh media sosial yang berkembang antara lain Facebook, Twitter, Whatsapp, LINE, dan Instagram. Dari sekian banyak contoh media sosial yang berkembang di masyarakat, Instagram merupakan salah satu contoh yang paling diminati saat ini. Kita tahu bahwa aplikasi Instagram telah sukses menjadi aplikasi yang diminati banyak pengguna. Selain menjadi media sosial yang menghubungkan antar pengguna melalui foto dan video, Instagram menjadi media sosial yang memiliki banyak peluang untuk berbisnis bagi para penggunanya, bisa dimanfaatkan sebagai media komunikasi pemasaran melalui foto – foto produk yang dijual, memiliki banyak likers atau penyuka, dan memiliki banyak followers atau pengikut. Instagram memudahkan konsumen untuk melihat produk yang dijual dan dapat langsung memberi komentar di bawah foto produk yang diminati. Penelitian ini dilakukan karena semakin banyaknya pengguna Instagram yang menggunakan Instagram sebagai sarana berbisnis. Semakin banyaknya pengguna Instagram yang bersifat konsumtif, maka akan lebih banyak lagi pedagang yang akan melakukan bisnisnya di Instagram. Disini peneliti akan menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM) untuk melihat faktor – faktor yang mempengaruhi minat beli online generasi millennial dan menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM) untuk melakukan analisis. Penelitian ini berjudul “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Generasi Millennial Terhadap Minat Beli Daring menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM)”. Hasil analisis dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan para pedagang untuk mengetahui faktor – faktor apa saja yang mempengaruhi minat beli konsumen yaitu khususnya generasi millennial. Selain itu, hasil penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi tambahan pemikiran bagi para peneliti selanjutnya untuk melakukan pengembangan ilmiah lebih lanjut yang menyangkut faktor – faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen melakukan minat beli daring pada sosial media dengan memasukkan faktor – faktor yang belum ada dan diharapkan sebagai informasi tambahan untuk bahan referensi dan sebagai masukan serta informasi bagi para peneliti selanjutnya.
==================================================================================================================================
Right now, we are in an era that is closely related to communication and information technology. Social media is becoming very developed and is in line with the rapid needs of users of an information. Social media is a place where everyone can interact or communicate with each other and express their opinions without anyone prohibiting, without any restrictions on distance, or space and time. This media can also make users aware of news or phenomena that occur faster than obtaining information through other mass media such as television and print media. Some examples of developing social media include Facebook, Twitter, Whatsapp, LINE, and Instagram. Of the many examples of social media that developed in the community, Instagram is one of the most popular examples today. We know that the Instagram application has become an application that has attracted many users. In addition to being a social media that connects users through photos and videos, Instagram is a social media that has many opportunities to do business for its users, can be used as a marketing communication medium through photos of products sold, has many likers or enthusiasts, and has many followers or followers. Instagram makes it easy for consumers to see products for sale and can immediately comment below photos of products of interest. This research was conducted because more and more Instagram users are using Instagram as a means of doing business. The more Instagram users who are consumptive, the more traders will do their business on Instagram. Here the researcher will use the Technology Acceptance Model (TAM) method to look at the factors that influence millennial generation online buying interest and use the Structural Equation Modeling (SEM) method to conduct the analysis. This study is entitled "Analysis of Factors Affecting Millennial Generation Behavior Towards Online Buying Interests using the Technology Acceptance Model (TAM)". The results of the analysis of this study can be used as a reference for traders to find out what factors influence consumer buying interest, especially the millennial generation. In addition, the results of this study are also expected to be an additional thought for future researchers to carry out further scientific developments concerning the factors that influence consumer behavior to make online buying interest on social media by including factors that do not yet exist and are expected to be information additions for reference material and as input and information for further researchers.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSSI 005.74 Bot a-1 2020
Uncontrolled Keywords: Analisis Pengaruh Perilaku, Generasi Millennial, Technology Acceptance Model, Structural Equation Modelling, Media Sosial
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Botaniska Scandic Thalys
Date Deposited: 23 Dec 2024 07:54
Last Modified: 23 Dec 2024 07:54
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/74390

Actions (login required)

View Item View Item