Analisis Anteseden dan Faktor Non-Teknis Manajemen Proses Bisnis Untuk Peningkatan Implementasi Media Sosial Dalam Hubungan Pelanggan Pada Usaha Kecil dan Menengah

Handayani, Sharfina Febbi (2020) Analisis Anteseden dan Faktor Non-Teknis Manajemen Proses Bisnis Untuk Peningkatan Implementasi Media Sosial Dalam Hubungan Pelanggan Pada Usaha Kecil dan Menengah. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211750010019-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
05211750010019-Master_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) memiliki peran penting dalam pembangunan ekonomi. Agar UKM memiliki keunggulan bersaing dalam pasar global, maka pelaku bisnis harus mampu menyesuaikan dengan perkembangan pasar dan teknologi. Berkaitan dengan masalah implementasi teknologi informasi atau sistem informasi, salah satu inovasi yang saat ini banyak digunakan di UKM adalah media sosial, sehingga penting untuk mengidentifikasi anteseden yang berkaitan dengan implementasi teknologi media sosial. Bukti teoritis dan empiris sebelumnya mengungkapkan bahwa kerangka kerja Technology-Organizational-Environment (TOE) telah menjadi model yang popular dalam memeriksa berbagai isu penerapan inovasi teknologi informasi (TI) dan menemukan anteseden dalam domain sistem sistem informasi (SI).
Di samping implementasi media sosial, keberadaan Business Process Management (BPM) pada UKM memainkan peran penting dalam menjaga efisiensi dan efektivitas operasi perusahaan dan organisasi. Implementasi BPM merupakan proses yang kompleks dan membutuhkan banyak aspek teknis dan non-teknis.
Berdasarkan kerangka kerja kapabilitas Van Looy, aspek teknis terdiri dari process modeling, process deployment, process optimization. Adapun aspek non-teknis meliputi process management, process-oriented culture, dan process-orented structure. Sebagian besar penelitian terdahulu berfokus pada aspek teknis proses bisnis yang kurang berhasil diterapkan pada kondisi UKM di Indonesia, sehingga penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis mengenai faktor non-teknis BPM yang belum banyak dikaji dalam penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan grounded theory, karena penelitian ini ingin menggali informasi lebih mendalam, pengambilan data dilakukan dengan wawancara dan observasi pada 2 UKM garmen di Surabaya, Indonesia.
Hasil dari penelitian ini adalah analisis pemetaan anteseden media sosial dan faktor non-teknis terhadap implementasi media sosial. Penelitian ini menghasilkan identifikasi anteseden media sosial yang dikategorikan menjadi 6 anteseden yaitu keunggulan relatif, kompatibilitas, efektivitas biaya, interaktivitas, kepercayaan dan
dukungan manajemen atas. Selain itu penelitian ini juga menghasilkan identifikasi faktor non-teknis terkait proses bisnis UKM yang dikategorikan menjadi 3 area yaitu
manajemen proses, budaya berorientasi proses, dan struktur berorientasi proses. Implementasi media sosial dalam penelitian ini meliputi pencarian dan berbagi informasi, pemasaran dan branding, serta hubungan pelanggan. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor non-teknis dan anteseden media sosial menjadi faktor yang mempengaruhi implementasi media sosial di UKM. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen proses, budaya berorientasi proses dan struktur berorientasi proses mempengaruhi peningkatan implementasi media sosial dalam bentuk hubungan pelanggan. ===================================================================================================================================
Small and Medium Enterprises (SMEs) have an important role in economic development. For SMEs to have a competitive advantage in the global market, business people must be able to adapt to market developments and technology. Related
to the problem of implementing information technology or information systems, one of the innovations that are currently widely used in SMEs is social media, so it is
important to identify antecedents related to the implementation of social media technology. Previous theoretical and empirical evidence reveals that the Technology Organizational-Environment (TOE) framework has become a popular model in examining various issues of applying information technology innovation (IT) and
finding antecedents in the domain of information systems (SI) systems. In addition to the implementation of social media, the existence of Business Process Management (BPM) in SMEs plays an important role in maintaining the efficiency and effectiveness of company and organizational operations. BPM implementation is a complex process and requires many technical and non-technical aspects. Based on the Van Looy capability framework, the technical aspects consist of
process modeling, process deployment, process optimization. The non-technical aspects include process management, process-oriented culture, and process-oriented
structure. Most of the previous research focuses on the technical aspects of business processes that have not been successfully applied to the conditions of SMEs in Indonesia, so this study aims to conduct an analysis of the non-technical factors of BPM that have not been much studied in research. This research is a qualitative study
that uses a grounded theory approach, because this study wants to dig deeper information, data collection is done by interviews and observations on 2 garment SMEs in Surabaya, Indonesia.
The results of this study are mapping analysis of social media antecedents and non-technical factors towards the implementation of social media. This research resulted in the identification of antecedents of social media which are categorized into 6 antecedents namely relative superiority, compatibility, cost effectiveness, interactivity, trust and support for management. In addition this study also resulted in the identification of non-technical factors related to SME business processes which were categorized into 3 areas namely process management, process-oriented culture,
and process-oriented structures. The final results of this study indicate that nontechnical factors and social media antecedents are factors that influence the implementation of social media in SMEs. The implementation of social media in this research includes searching and sharing information, marketing and branding, and customer relations.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 3100020085467 RTSI 658.403 801 1 Han a-1
Uncontrolled Keywords: UKM, media sosial, anteseden, faktor non-teknis, social media, antecedents, non-technical factors
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 59101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Sharfina Febbi Handayani
Date Deposited: 22 Dec 2022 05:15
Last Modified: 22 Dec 2022 05:15
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/74653

Actions (login required)

View Item View Item