Perancangan Media Pembelajaran berbasis Aplikasi Android sebagai Penunjang Proses Belajar Kognitif pada Anak Autis di SLB

Fardani, Faizal (2020) Perancangan Media Pembelajaran berbasis Aplikasi Android sebagai Penunjang Proses Belajar Kognitif pada Anak Autis di SLB. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08311540000094-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
08311540000094-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Anak penyandang autistme adalah salah satu dari anak berkebutuhan khusus. Karakteristik dari anak penyandang autisme adalah kekurangan dan ketertinggalan terhadap beberapa hal daripada anak normal, salah satunya ketertinggalan pada aspek kognitif. Kekurangan tersebut perlu diupayakan agar anak penyandang autisme dengan keterbatasannya dapat memenuhi kebutuhan dirinya secara otonom. Sehingga perancangan ini diharapkan dapat membantu mempermudah anak autis dalam melakukan proses belajar kognitif. Metode yang dilakukan dalam perancangan ini yaitu dengan melakukan observasi, wawancara sebagai data primer dan kajian penelitian sebagai data sekunder. Didapatkan beberapa fakta berupa kesulitan dan kebutuhan guru dan anak autis dalam melakukan proses pembelajaran. Fakta-fakta tersebut disusun dan dianalisa menjadi konsep desain berupa aplikasi yang memuat animasi dan pengulangan suara sebagai media pembelajaran dengan tujuan menjaga fokus anak autis dan memotivasi anak autis dalam melakukan pembelajaran. Perancangan ini menghasilkan luaran berupa aplikasi media pembelajaran untuk anak autis yang berisikan animasi dan review materi dengan pengulangan suara sebagai adaptasi dan strategi baru cara belajar pada anak autis untuk mempermudah anak autis dalam melakukan kegiatan pembelajaran kognitif. Oleh karena terancangnya aplikasi ini, diharapkan dapat memunculkan motivasi dan memaksimalkan fokus pada anak autis sehingga mampu memudahkan dan menunjang proses belajar kognitif pada anak autis.
=====================================================================================================================================
Children with autism are one of the children with special needs. Characteristics of children with autism are deficiency and underdevelopment of some things than normal children, one of which is lagging in cognitive aspects. These deficiencies need to be pursued so that children with autism with their limitations can meet their needs autonomously. So that this design is expected to help facilitate autistic children in conducting cognitive learning processes.
The method used in this design is to conduct observations, interviews as primary data and research studies as secondary data. Obtained some facts in the form of difficulties and needs of teachers and children with autism in the learning process. These facts are compiled and analyzed into design concepts in the form of applications that contain animations and repetition of sound as a learning medium with the aim of maintaining the focus of children with autism and motivating children with autism in learning. This design produces an outcome in the form of learning media applications for children with autism that contain animations and review material with repetition of sounds as adaptations and new strategies for learning in autistic children to facilitate autistic children in carrying out cognitive learning activities. Because of the design of this application, it is expected to bring up motivation and maximize focus on children with autism so as to facilitate and support the cognitive learning process in children with autism.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSDP 741.67 Far p-1
Uncontrolled Keywords: Anak Autis, Aplikasi Android, Media Pembelajaran, Proses Belajar Kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General) > T58.8 Productivity. Efficiency
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Visual Communication Design > 90241-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Faizal Fardani
Date Deposited: 19 Mar 2025 03:15
Last Modified: 19 Mar 2025 03:15
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/74744

Actions (login required)

View Item View Item