Analisis Kualitas Social Commerces Menggunakkan Metode Webqual 4.0 Fakhri Hadi Pridianto

Pridianto, Fakhri Hadi (2016) Analisis Kualitas Social Commerces Menggunakkan Metode Webqual 4.0 Fakhri Hadi Pridianto. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[img]
Preview
Text
5210100095-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kualitas web yang dimiliki sebuah perusahaan, terutama di bidang e-commerce dan social commerce, merupakan salah satu hal yang tidak dapat diabaikan kepentingannya. Hal ini merupakan salah satu penilaian customer terhadap perusahaan adalah dengan melihat web nya, sehingga jika customer sudah nyaman dengan penampilan web, navigasi web, kemudahan penggunaannya. Salah satu metode untuk menilai kualitas e-commerce adalah dengan menggunakkan metode WebQual. Metode ini telah dikembangkan sehingga bisa digunakkan untuk berbagai objek penelitian seperti web jual beli online, toko buku online, situs lelang online, dan lain-lain. Dalam penilaiannya, WebQual sendiri mengacu pada 3 hal, yaitu web usability, information quality dan service interaction yang di masing-masingnya terdapat komponen penilaian yang mewakili kepuasan customer terhadap kualitas dari web. Hasil dari penelitian ini adalah berupa nilai WebQual Index yang menunjukkan kualitas dan mutu dari masing-masing iv social commerce yang diteliti pada penelitian ini sehingga bisa terlihat social commerce manakah yang lebih diminati oleh masyarakat menurut metode WebQual 4.0, sehingga para pengguna social commerces akan lebih mudah dalam memilih social commerces manakah yang lebih baik untuk digunakkan dalam melakukan transaksi jual beli online. Seperti hasil pada penelitian ini, Facebook mendapatkan WebQual Index sebesar 0.756, untuk FJB Kaskus sebesar 0.760, dan untuk Instagram sebesar 0.797. dapat dilihat bahwa untuk saat ini, Instagram merupakan social commerce yang paling diminati oleh masyarakat Surabaya menurut WebQual 4.0. Adapaun langkah-langkah untuk mendapatkan WebQual Index dari masing-masing social commerce adalah sebagai berikut: 1) Menhitung Unweighted Score. 2) Menghitung Weighted Score. 3) Menghitung Max Score. 4) Menghitung WebQual Index. 5) Menghitung Total WebQual Index. Selain itu, penelitian ini juga menghasilkan item-item apa saja yang menjadi kelebihan dari masing-masing social commerce dilihat dari perspektif variabel usability, information quality dan interaction quality. Seperti hasil penelitian pada Facebook yang dimana Facebook lebih unggul dalam hal Interaction Quality, lalu FJB Kaskus yang lebih unggul dalam hal Usability, dan Instagram berimbang antara Usability dan Information Quality ============================================================================================= The quality of a website owned companies, especially in the field of e-commerce and social commerce, is one thing that can not be ignored interests. This is one of the company's customer assessment is to look at his web, so if customers are comfortable with the performance of web, web navigation, ease of use. One method for assessing the quality of e-commerce is to menggunakkan WebQual method. This method has been developed that can digunakkan for various research objects such as web buying and selling online, online bookstores, online auction sites, and others. In its judgment, WebQual itself refers to three things, namely web usability, information quality and service interaction that in each there is a component that represents customer satisfaction ratings of the quality of the web. The results of this research is a value WebQual Index which shows the quality and the quality of each social commerce are examined in this study so that it can be seen social commerce vi which is more attractive to the public according to the method WebQual 4.0, so users of social commerces will be easier in social commerces choose which is better for digunakkan to make buying and selling online. As the results in this study, Facebook gets WebQual Index for 0756, for FJB Kaskus for 0760 and 0797 amounted to Instagram. it can be seen that for the time being, Instagram is a social commerce that is most in demand by the people of Surabaya by WebQual 4.0. Adapaun steps to get WebQual Index of each social commerce are as follows: 1) Menhitung Unweighted Score. 2) Calculate Weighted Score. 3) Calculated Max Score. 4) Calculated WebQual Index. 5) Calculating Total WebQual Index. In addition, this study also produce items what are the advantages of each of these social variables commerce from the perspective of usability, information quality and interaction quality. As the results of research on Facebook which is where Facebook is more superior in terms of Interaction Quality and FJB Kaskus is superior in terms of Usability, and Instagram balanced between Usability and Information Quality

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSI 006.7 Pri a
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, kualitas system, social commerce, WebQual.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105.888 Web sites--Design. Web site development.
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Information Systems > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 10 Feb 2020 04:07
Last Modified: 10 Feb 2020 04:08
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/74779

Actions (login required)

View Item View Item