Analisa Pengaruh Konfigurasi Skeg Terhadap Hambatan Dan Gerak Kapal Dengan Metode Computational Fluid Dynamics

Avicenna, Hemas (2016) Analisa Pengaruh Konfigurasi Skeg Terhadap Hambatan Dan Gerak Kapal Dengan Metode Computational Fluid Dynamics. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4112100075-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
4112100075-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 4112100075-Paper.pdf]
Preview
Text
4112100075-Paper.pdf - Accepted Version

Download (871kB) | Preview
[thumbnail of 4112100075-Presentation.pdf]
Preview
Text
4112100075-Presentation.pdf - Presentation

Download (3MB) | Preview

Abstract

Bentuk geometri pada lambung kapal dibawah garis air sangat banyak berpengaruh
pada berbagai aspek. Salah satu dari pengaruh dari bentuk geometri lambung kapal adalah
perilaku gerak kapal dan hambatan yang terjadi pada kapal. Perilaku gerak kapal dan
hambatan inilah yang mempunyai dampak terhadap performa kapal. Dalam tugas akhir ini
akan dianalisa pengaruh pemasangan skeg dan variasi konfigurasinya pada kapal terhadap
performa kapal patroli perikanan 60 m terutama perilaku gerak dan hambatan pada kapal
dalam beroperasi. Dalam pelaksanaan tugas akhir ini kapal tersebut akan divariasikan bentuk
buritannya dalam 2 konvigurasi. Konvigurasi pertama kapal tidak akan diberi skeg dan yang
kedua skeg akan diberi sebanyak 1 buah dan ditempatkan di centerline. Dalam tugas akhir ini
dimensi skeg akan dibuat sesuai dengan kapal referensi yang dibuat oleh desainer dari kapal
tersebut. Selanjutnya kedua konvigurasi tersebut akan dilakukan analisa hambatan dan
perilaku gerak dengan bantuan software Computational Fluid Dynamics. Dalam tugas akhir
ini dimensi skeg akan dibuat sesuai dengan kapal referensi yang dibuat oleh desainer dari
kapal tersebut. Dari penelitian yang dilakukan maka dengan penambahan skeg memberi efek
roll damping pada kapal. Hal tersebut terindikasi dari grafik RAO yang luasannya semakin
kecil. Efek damping terbesar terjadi pada sudut gelombang 90◦
pada setiap kecepatan yaitu
sebesar 7,2 %. Pada sudut gelombang 135◦
dan 45◦
gerakan roll tereduksi sebesar 5 %,
sedangkan untuk hambatan bertambah sebesar 2-3%
=====================================================================================================

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.812 Avi a
Uncontrolled Keywords: Skeg, gerak kapal, hambatan, Kapal Patroli pengawas perikanan, Skeg, motion, resistance, patrol boat
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General) > V220 Naval ports, bases, reservations, docks, etc.
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Industrial Product Design > 90231-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 19 Feb 2020 16:59
Last Modified: 19 Feb 2020 16:59
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/74906

Actions (login required)

View Item View Item