Perancangan Buku Ensiklopedia Sejarah Peninggalan Kerajaan Majapahit Di Mojokerto

Al Khalifi, Ridya (2020) Perancangan Buku Ensiklopedia Sejarah Peninggalan Kerajaan Majapahit Di Mojokerto. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08311440000037-Undergraduate_Theses - Ridya Al Khalifi.pdf]
Preview
Text
08311440000037-Undergraduate_Theses - Ridya Al Khalifi.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Majapahit adalah kerajaan besar di pulau Jawa berpusat di Jawa Timur, Indonesia, dan berdiri sekitar tahun 1293 hingga 1500 M. Salah satu bukti peninggalan kerajaan Majapahit terdapat di kota/kabupaten Mojokerto. Sebagai kota/kabupaten yang pernah disebut sebagai pusat pemerintahan Kerajaan Majapahit, sudah menjadi kewajiban kita untuk belajar apa saja yang sudah diwariskan kepada kita sebagai generasi selanjutnya yang harus menjaga cagar budaya tersebut. Rendahnya minat masyarakat Indonesia dalam mempelajari dan mengetahui tentang sejarah situs peninggalan kerajaan Majapahit serta kurangnya kesadaran masyarakat, terutama peran orang tua, yang mana sangat penting bagi anak untuk menjaga dan melestarikan cagar budaya yang menjadi warisan penting untuk pengetahuan di masa ke depan menjadi acuan masalah yang dihadapi saat ini. Tujuan dari penulisan ini yaitu 1. Membuat buku ensiklopedia sebagai media pengetahuan di masyarakat, bahwa cagar budaya harus dijaga dan dilestarikan untuk generasi selanjutnya, 2. Menjadi media pembelajaran yang baik untuk anak-anak generasi kedepan tentang sejarah situs peninggalan di kota/kabupaten Mojokerto yang memang banyak cagar budaya yang harus dilestarikan.
Metode yang digunakan adalah Studi Eksisting (Studi Komparatif & Studi Kompetitor), Studi Literatur, riset kualitatif secara tidak langsung (berupa Touchstone tour dan Artifact Analysis) dan riset kualitatif secara langsung (berupa observasi, personal inventories, dan unobtrusive measures). Target konsumen dalam perancangan buku visual ini adalah anak-anak kelas 4-6 SD dengan usia 10-12 tahun, yang senang dengan sejarah dan sedang memperlajari sejarah. Konsep dari perancangan ini adalah Majapahit dan Peninggalannya yang kontennya lebih lengkap, hal yang dijabarkan berisi tentang sejarah dan peninggalan kerajaan Majapahit, yang menjelaskan sejarahnya, arsitektur, serta fungsinya.
Hasil konsep menunjukkan bahwa menghasilkan buku ensiklopedia didasari oleh penataan draf buku yang baik, berupa tata layout, warna, tipografi, serta gaya gambarnya. Dengan demikian, wawasan pengetahuan bertambah dan generasi penerus dapat tetap sadar akan pentingnya menjaga peninggalan kebudayaan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: buku ensiklopedia, kesadaran, media pembelajaran, peninggalan Majapahit.
Subjects: D History General and Old World > D History (General) > D051 Ancient History
D History General and Old World > D History (General)
L Education > LA History of education
N Fine Arts > NE Print media
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Industrial Product Design > 90231-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ridya Al Khalifi
Date Deposited: 08 Jul 2024 06:48
Last Modified: 08 Jul 2024 06:48
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/74978

Actions (login required)

View Item View Item