Perancangan Buku Referensi Ekologi Hutan Lindung Mangrove Wonorejo Kota Surabaya

Lestari, Putri Eka (2020) Perancangan Buku Referensi Ekologi Hutan Lindung Mangrove Wonorejo Kota Surabaya. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of LaporanTA_BebasPerpus_PutriEka_08311240000004.pdf]
Preview
Text
LaporanTA_BebasPerpus_PutriEka_08311240000004.pdf

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of 08311240000004-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
08311240000004-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (8MB)

Abstract

Mangrove merupakan tanaman yang tumbuh hanya di daerah pesisir pantai yang banyak sekali manfaat dan potensinya bagi semua mahkluk hidup. Namun sekarang ini hutan mangrove di Indonesia terutama di daerah Surabaya selalu ada yang rusak tegakan pohonnya setiap tahun. Seperti di daerah Wonorejo yang menjadi lokasi ekowisata, beberapa tanaman disana ada yang mengering tak terawat dan tumbang juga rusak terkena sayatan dari pengunjung. Hal ini dikuatkan dengan sedikitnya edukasi literatur tentang ekologi mangrove untuk masyarakat di beberapa perpustakan. Karenanya diperlukan suatu buku referensi untuk menyampaikan dan mengedukasi masyarakat Surabaya dan masyarakat luas tentang pentingnya hutan mangrove di Wonorejo dan di daerah lainnya.
Untuk mencapai hasil yang dibutuhkan diperlukan perencanaan penelitian yang tepat. Penelitian dilakukan dengan metode antara lain observasi langsung ke lokasi mangrove Wonorejo untuk mendapatkan permasalahan mengenai situasi kawasan mangrove juga dokumentasi foto-foto tanaman mangrove. Selanjutnya melakukan konfirmasi draft konten sementara kepada ahli untuk mendapatkan kebutuhan poin-poin konten bab yang akan dibahas dan wawancara mendalam kepada pengelola mangrove wonorejo juga beberapa pakar ilmu yang berhubungan dengan mangrove untuk mendapatkan informasi untuk konten buku. Studi artifak untuk analisa elemen visual buku juga studi literatur sebagai pelengkap konten buku. Dari hasil penelitian tersebut yang kemudian diolah menjadi suatu konsep desain, yaitu easy learning nature – to learn the importants of mangrove in Surabaya dengan keywords clean, informative, simple dan nature .
Berdasarkan konsep tersebut selanjutnya melakukan berbagai eksperimen visual gaya untuk mendapatkan desain visual yang sesuai dengan konsep desain. Sehingga didapatkan konsep layout menggunakan sistem delapan grid multicoloum, dengan gaya bahasa lugas, serta tone warna yang digunakan ialah warna natural soft. Penggunaan visual dalam mendesain buku ini berupa fotografi nature dan makro juga ilustrasi dekorasi, fauna serta botanical.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSDP 741.64 Les p-1
Uncontrolled Keywords: Mangrove, Ekologi, Wonorejo, Buku Referensi, Hutan
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NE Print media
S Agriculture > SB Plant culture
S Agriculture > SB Plant culture > SB409.58 Plant propagation. Including in vitro propagation
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Industrial Product Design > 90231-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Putri Eka Lestari
Date Deposited: 08 Jul 2024 06:20
Last Modified: 08 Jul 2024 06:20
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/74984

Actions (login required)

View Item View Item