Analisis Gerakan Dan Tegangan Dari Sistem Cam Untuk Mesin Marine Diesel 93KW

Setiawan, Christian Dhani (2016) Analisis Gerakan Dan Tegangan Dari Sistem Cam Untuk Mesin Marine Diesel 93KW. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4212101002-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
4212101002-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perkembangan sektor kelautan di Indonesia
menunjukkan peningkatan permintaan pada kapal. Terutama
kapal dengan ukuran 30 GT yang memiliki masalah dengan
rendahnya ketersediaan mesin kapal, dimana sebagian besar
kapal masih menggunakan mesin diesel darat sebagai
penggerak utamanya. Masalah tersebut menarik perhatian
membuat langkah untuk meningkatkan keadaan tersebut,
dengan desain mesin marine diesel menggunakan metode
reverse engineering. Sistem cam dari desain mesin marine
diesel perlu dilakukan perhitungan untuk memilih bahan dan
analisis gerakan. Desain sistem cam memerlukan penelitian
tentang analisis tegangan dalam sistem cam untuk
meyakinkan tentang distribusi gaya dan momen sudah
sesuai. Hasil analisis tegangan digunakan untuk memilih
bahan komponen dalam sistem cam. Hasil analisis gerakan
digunakan untuk menjadi input data analisis tegangan.
Kondisi untuk mendapatkan tegangan pada komponen
dikondisi maksimum, yang mengandung tekanan, torsi,
rotasi, dan gaya. Semua komponen yang dihitung adalah
camshaft, lifter (tappet datar), pushrod, rocker arm, spring,
dan katup. Setiap komponen diberi dua bahan yang berbeda
x
dan pemilihan material didasarkan pada faktor keamanan
dari masing-masing komponen. Bahan untuk camshaft dan
lifteradalah malleable cast iron, untuk pushrod dan rocker
arm adalah baja ringan, untuk spring adalah ASTM A231,
untuk katup masuk adalah baja JIS SUH3, dan untuk katup
buang adalah baja JIS SUH35. Hasil analisis gerakan adalah
kecepatan sudut camshaft dengan nilai maksimum sebesar
2400 deg/sec, gaya gesekan antara camshaft dan lifter
dengan nilai maksimum sebesar 125.393 N dan gaya kontak
antara camshaft dan lifter dengan nilai maksimum sebesar
845.307 N, dan kecepatan linear dari katup masuk dengan
nilai maksimum sebesar 696.573 mm/s, dan kecepatan
linear dari katup buang dengan nilai maksimum sebesar
463.734 mm/s.
=======================================================================================================
The developments of maritime sector in Indonesia
shows increasing demand for ships. Especially ships with
size of 30 GT has problem with low availability of the ship
engine, which most of the ships still use non marine diesel
engine as its main propulsion. The problem gives interest to
make a step to improve by design marine diesel engine
using reverse engineering method. Cam system of marine
diesel engine design was needed to be calculate to select the
material and the motion. The design of cam system needs
study about the stress analysis in cam system to make sure
the distribution of force and moment. The result of stress
analysis was used to select material of components in cam
system. The motion analysis result was used to be input data
of stress analysis. The condition to obtain the stress of
components was on maximum condition, its contain
pressure, torque, rotation, and force. All component that
calculated are camshaft, lifter (flat-tappet), push rod, rocker
arm, spring, and valve. Each component was given two
different materials and material selection was based on
safety factor of each component. Material for camshaft and
lifter were malleable cast iron, for push rod and rocker arm
were mild steel, for spring was ASTM A231, for intake
viii
valve was steel JIS SUH3, and for exhaust valve was steel
JIS SUH35. The result of motion analysis were angular
velocity of camshaft with value was 2400 deg/sec, friction
force between camshaft and lifter with maximum value was
125.393 N, and contact force between camshaft and lifter
with maximum value was 845.307 N, and linear velocity of
intake valve with maximum value was 696.573 mm/s, and
linear velocity of exhaust valve was 463.734 mm/s.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 623.872 36 Set m
Uncontrolled Keywords: Mesin Marine Diesel, Analisis Tegangan, Analisis Gerak, Studi Gerak, Sistem Cam, Material
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM731 Marine Engines
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 20 Feb 2020 04:30
Last Modified: 20 Feb 2020 04:30
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75046

Actions (login required)

View Item View Item