Ramadhani, Achmad (2016) Evaluasi Aplikasi Sistem Informasi Penerimaan Online Menggunakan Information Systems Success Model (Studi Kasus: Otoritas Jasa Keuangan Jawa Timur). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.
Preview |
Text
5210100011-Undergraduate-Theses.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Abstract
Otoritas Jasa Keuangan merupakan suatu lembaga yang
berfungsi untuk menyelenggarakan sistem pengaturan dan
pengawasan yan terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di
dalam sektor jasa keuangan. Lembaga ini menyediakan sistem
yang bernama SIPO (Sistem Informasi Penerimaan Online) yang
dapat digunakan sebagai alat bantu bagi OJK untuk mengelola
pembayaran pungutan OJK dengan lebih cepat dan mudah
secara online. Pada dasarnya sistem ini digunakan untuk
memudahkan bagi OJK, namun demikian, OJK ingin mengetahui
apakah SIPO (Sistem Informasi Penerimaan Online) berhasil
memberikan informasi yang diberikan kepada pengguna
implementasinya.Oleh karena itu perlu adanya penilaian kualitas
sistem informasi penerimaan online (SIPO) di Otoritas Jasa
Keuangan (OJK).
Dengan adanya permasalahan ini maka akan dilakukan
evaluasi aplikasi tersebut. Evaluasi aplikasi akan menggunakan
Information Systems Success Model. Untuk perhitungan akan
menggunakan Structural Equation Model (SEM) yang nantinya
akan dilakukan survei pada internal OJK yang menggunakan
vi
sistem ini dan hasil dari survei data akan dihitung menggunakan
LISREL.
Hasil dari tugas akhir ini adalah mendapatkan variabel
yang signifikan yaitu Information Quality terhadap Intention to
Use, Intention to Use terhadap User Satisfaction, Intention to Use
terhadap Net Benefit, User Satisfaction terhadap Net
Benefit.Selain itu juga memberikan rekomendasi untuk Otoritas
Jasa Keuangan Jawa Timur terkait kesuksesan penggunaan
aplikasi Sistem Informasi Penerimaan Online
==========================================================================================Otoritas Jasa Keuangan is an institution that serves to
implement the integrated regulation and supervision of the
overall activities in the financial services sector. This institute
provides a system called SIPO (Sistem Informasi Penerimaan
Online) that can be used as a tool for the OJK to manage OJK
payments more quickly and easily via online. Basically, these
systems are used to make it easier for the OJK, however the OJK
wants to know whether SIPO (Sistem Informasi Penerimaan
Online) managed to give the information provided to the user
implementation. Hence, it needs to assessing the quality of the
Sistem Informasi Penerimaan Online (SIPO) in the Otoritas Jasa
Keuangan (OJK).
With this problem, the application will be evaluated by
using Information Systems Success Model and for the calculation
will use the Structural Equation Model (SEM) which will be to
survey the internal OJK using this system and the results of the
survey data will be calculated using LISREL.
The results of this final project is to get the significant
variabel that is Information Quality on the Intention to Use,
Intention to Use on the User Satisfaction,Intention to Use on the
viii
Net Benefit, and User Satisfaction on the Net Benefit. It also gives
advice on the Otoritas Jasa Keuangan in East Java related to
successful application Sistem Informasi Penerimaan Online
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSSI 658.403 801 1 Ram e |
Uncontrolled Keywords: | Otoritas Jasa Keuangan, Sistem Informasi Penerimaan Online, Information Systems Success Model, Structural Equation Modeling, LISREL |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.213 Management information systems. Dashboards. Enterprise resource planning. |
Divisions: | Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | EKO BUDI RAHARJO |
Date Deposited: | 21 Feb 2020 06:38 |
Last Modified: | 21 Feb 2020 06:38 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/75103 |
Actions (login required)
View Item |