Desain Sarana Penunjang Aktivitas pada Worktop Kitchen Set dengan Konsep Clean dan Organize

Izzati, Fildzah Zata Syauqina (2020) Desain Sarana Penunjang Aktivitas pada Worktop Kitchen Set dengan Konsep Clean dan Organize. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08311440000101_Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
08311440000101_Undergraduate_Thesis.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Menurut Badan Pusat Statistik pada tahun 2016, secara umum baik perkotaan maupun pedesaan 90,39% rumah tangga di Indonesia memiliki dapur. Tingginya presentase berbanding lurus dengan kebutuhan produk dapur, salah satunya adalah kitchen set. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh penulis pada bulan Agustus 2018 dengan melakukan penyebaran kuisioner pada 100 orang wanita usia 22-46 tahun di daerah Jawa Timur, terdapat beberapa permasalahan utama di dapur serta beberapa kebutuhan tambahan yang berkaitan dengan kitchen set. Permasalahan utama yang paling banyak dialami oleh narasumber adalah permasalahan kebersihan. Sedangkan kebutuham tambahan yang dibutuhkan adalah sarana penunjang aktivitas pada kitchen set yang dipilih oleh 83%.
Sarana penunjang aktivitas pada kitchen set yang paling umum digunakan adalah rak penyimpanan sementara. Sarana penunjang ini umumnya digunakan untuk meletakkan peralatan makan maupun memasak sesudah dicuci. Terdapat beberapa jenis sarana penunjang jenis ini berdasarkan letaknya yaitu pada dinding, di atas worktop kitcen set, dan di dalam cabinet. Namun, sarana penunjang pada worktop yang ada tidak memiliki kapasitas volume yang sesuai dengan peralatan yang disimpan sehingga area worktop tidak dapat digunakan sebagai area kerja karna digunakan untuk meletakkan barang. Hal ini juga mengakibatkan disorganisasi pada area worktop. Selain itu, sarana penunjang yang diletakkan pada base cabinet maupun wall cabinet menyebabkan peralatan serta kabinet yang menggunakan material kayu berjamur.
Oleh karena itu, berdasarkan permasalahan yang telah dijabarkan sebelumnya perlu adanya perbaikan dan pengembangan desain bagi sarana penunjang aktivitas pada worktop kitchen set. Sarana penunjang aktivitas pada worktop kitchen set yang baik akan membantu proses memasak sehingga lebih mudah dan efisien.
=============================================================================================================================
According to the Badan Pusat Statistik in 2016, in general, both urban and rural, 90.39% of households in Indonesia have kitchens. The high percentage is directly proportional to the need for kitchen products, one of which is the kitchen set. Based on research conducted by the author in August 2018 by distributing questionnaires to 100 women aged 22-46 years in East Java, there are several significant problems in the kitchen as well as some additional needs related to kitchen sets. The main problem most experienced by resource persons is the problem of cleanliness. While the additional requirements needed are supporting facilities for activities in the kitchen set chosen by 83%.
The most commonly used of supporting activities in a kitchen set is a temporary storage rack. These supporting facilities generally function to put food and cooking utensils after washing. There are several types of supporting facilities based on their location, namely on the wall, on the worktop kit set, and in the cabinet. However, the supporting facilities in the existing worktop do not have the appropriate volume capacity with the stored equipment, so the worktop area cannot be used as a work area because it is a storage area for storing goods. Items piled on this worktop also result in disorganization in the worktop area. Meanwhile, supporting facilities placed on the base cabinet and wall cabinet cause the equipment and cabinet (which uses wood material) to be moldy.
Therefore, based on the existing problems, it is necessary to improve and develop designs for supporting facilities for the activities in the worktop kitchen set. Facilities to support activities on the kitchen worktop will help the cooking process so that it is easier and more efficient.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSDP 683.82 Izz d-1
Uncontrolled Keywords: Clean, Kitchen set, Organized, Sarana penunjang
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK2115.5.F77 Furniture
N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK2115 Interior decoration
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Product Design > 90231-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Fildzah Zata Syauqina Izzati
Date Deposited: 08 Jul 2024 06:17
Last Modified: 08 Jul 2024 06:17
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75149

Actions (login required)

View Item View Item