Penilaian Risiko Kuantitatif Tubrukan Kapal Dengan Platform: Studi Kasus Tubrukan Kapal Dengan Wellhead Platform PHE-12

Farhansyah, Faiz (2016) Penilaian Risiko Kuantitatif Tubrukan Kapal Dengan Platform: Studi Kasus Tubrukan Kapal Dengan Wellhead Platform PHE-12. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4312100092-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada tugas akhir ini dilakukan penilaian risiko tubrukan dengan mengambil studi kasus terhadap Platform PHE-12 milik PT. Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE WMO) yang akan segera diinstalasi di blok Madura Barat , dan hanya berjarak 2,91 km dari arus pelayaran bebas. Penilaian risiko dilakukan dengan menghitung frekuensi kejadian dan konsekuensi kerusakan akibat tubrukan. Perhitungan frekuensi kejadian dilakukan dengan metode kuantitatif Computerized Risk Assessment of Shipping Hazard (CRASH) dengan memproyeksikan tubrukan passing vessel dengan platform PHE-12 melalui skenario head-on dan drifting. Sementara perhitungan konsekuensi dilakukan dengan mencari peluang kegagalan struktur (collapse) dari kekuatan ultimate struktur dan nilai plastisitas yang kemudian diranking pada ketentuan konsekuensi yang ditetapkan pada tabel konsekuensi IPC. Dari kedua perhitungan tersebut, didapat hasil tingkat frekuensi kejadian tubrukan dengan skenario head-on adalah 0,021392 , sementara tubrukan dengan skenario drifting adalah 0,02999. Sementara hasil pemetaan risiko dengan menilik nilai konsekuensi pada matriks menyatakan tubrukan kapal mendapat PoF 37% atau risiko tinggi. Didapatkan kesimpulan akhir bahwa penilaian risiko tubrukan kapal terhadap platform berada pada risiko tinggi. Langkah preventif yang diberikan adalah penambahan kekuatan struktur dengan fender, dan instalasi Automatic Radar Ploting Aid(ARPA) , Radar Beacon (Racon), Vessel Traffic System (VTS) dan rekomendasi mitigasi grouting pada pile

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 623.893 Far
Uncontrolled Keywords: Tubrukan Kapal-Platform, Penilaian Risiko, Metode Kuantitatif CRASH, plastisitas, kegagalan struktur, collapse
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 25 Feb 2020 04:08
Last Modified: 25 Feb 2020 04:08
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75156

Actions (login required)

View Item View Item