Satria, Rizky Wahyu (2016) Analisis Perpanjangan Umur Operasi Bekapai FS Flare Tripod Platform Menggunakan Mekanika Kepecahan Metode Linear Elastic Dengan Retak Semi Elip. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
4312100111-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Download (3MB) | Preview |
Abstract
Salah satu struktur yang biasa digunakan pada bangunan lepas pantai adalah struktur
tetap atau disebut fixed platform. Platform tersebut didesain untuk menahan bebanbeban
yang mengenainya untuk mengoperasikan fungsi platformnya. Namun, akibat
beban siklis yang secara terus menerus diterima mengakibatkan terjadinya fatigue.
Beban yang diterima bangunan laut didominasi oleh beban gelombang sehingga
menyebabkan bangunan laut lebih cenderung mengalami kelelahan, selain itu faktor
operasi pada tingkat tertentu menambah beban siklis sehingga struktur menjadi
bertambah kritis. Tugas akhir ini membahas tentang analisa perpanjangan umur fixed
platform FS Bekapai yang beroperasi di wilayah timur delta Sungai Mahakam, sebelah
utara Balikpapan, Kalimantan Timur menggunakan mekanika kepecahan. Analisa
dilakukan dengan memodelkan retak pada struktur dan dengan increment crack growth
sebesar 0,5 mm. Pemodelan dan analisis numerik global menggunakan perangkat lunak
SACS 5.6, sedangkan pemodelan dan analisis numerik lokal menggunakan ANSYS
16.2. Perhitungan cumulative damage menggunakan Teori spectral dan metode S-N
curve berdasarkan hukum kegagalan Palmgren Milner. Hasil perhitungan cumulative
damage dibandingkan dengan hasil perhitungan umur kelelahan dari Mekanika
Kepecahan. Dari hasil perhitungan cumulaltive damage didapatkan umur kelelahan
bernilai 196 tahun, sedangkan dari perhitungan mekanika kepecahan secara analitikal
didapatkan umur kelelahan 78 tahun dan secara numeric didapatkan 83 tahun. Selisih
umur kelahan struktur apabila terjadi keretakan bernilai 113 tahun. Dari perbandingan
hasil perhitungan umur kelelahan, dapat disimpulkan bahwa dengan adanya retak
mengakibatkan umur kelelahan berkurang signifikan
======================================================================================================
Fixed Platform is one of structure that commonly used in offshore structure. This
platform is designed to withstand the loads in operation stage. However, due to cyclic
dominated by a sea wave loads causing fatigue in offshore structure. This final project
is to determine life extension analysis FS Bekapai fixed platforms located in east
Mahakam River, Northern of Balikpapan, East Kalimantan using fracture mechanics.
The analysis is carried out by modeling the crack in the structure with crack growth
increments of 0.5 mm. Global modeling and numerical analysis using software SACS
5.6 and local modeling and numerical analysis using ANSYS 16.2. Calculation of
cumulative damage using spectral theory and methods of S-N curve based on the law of
failure Palmgren Milners. The result of cumulative damage compared with the results of
Fracture Mechanics. From the cumulaltive damage calculation results obtained fatigue
life is 196 years, while the calculation of the fracture mechanics in analytical obtained
fatigue life 78 years and in numeric obtained 83 years. The difference between
cumulative damage and fracture mechanic result is 113 years. From the comparison of
the results of the calculation of the fatigue life, it can be concluded that the presence of
cracks resulting in significantly reduced fatigue life.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSKe 627.98 Sat a |
Uncontrolled Keywords: | Fixed Platform, Cumulative Damage, Mekanika Kepecahan, Increment Crack Growth |
Subjects: | T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC1680 Offshore structures |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Mr. Tondo Indra Nyata |
Date Deposited: | 27 Feb 2020 01:55 |
Last Modified: | 27 Feb 2020 01:55 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/75208 |
Actions (login required)
View Item |