Rancang Bangun Mobile Embedded System Untuk Identifikasi Dan Pemetaan Kondisi Permukaan Jalan Pada Area Perkotaan Dengan Analisis Data Dual-Accelerometer Sensor

Mufid, Ahmad Fauzan (2016) Rancang Bangun Mobile Embedded System Untuk Identifikasi Dan Pemetaan Kondisi Permukaan Jalan Pada Area Perkotaan Dengan Analisis Data Dual-Accelerometer Sensor. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
5112100203-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Jalan adalah prasarana transportasi darat yang meliputi segala bagian jalan, termasuk bangunan pelengkap dan perlengkapannya yang diperuntukkan bagi lalu lintas umum. Di jalan terdapat terdapat lubang, banyak kecelakaan terjadi karena kurangnya informasi mengenai kondisi jalan untuk pengguna jalan. Kurangnya informasi mengenai kondisi jalan membuat pengguna jalan kurang waspada sehingga kecelakaan lebih mungkin terjadi. Saat ini jalan yang berlubang diketahui jika ada laporan dari masyarakat, bahkan perbaikan jalan berlubang pun dilakukan sendiri oleh masyarakat. Dengan adanya layanan untuk menentukan lokasi jalan berlubang ini, diharapkan dapat membantu pemerintah dalam menentukan pengambilan kebijakan perbaikan jalan berlubang. Pada penelitian sebelumnya sistem yang dibuat hanya menetukan terdapat lonjakan. Penelitian tersebut menggunakan sensor accelerometer dan GPS pada smartphone untuk pengambilan data. Pada penelitian ini, penulis ingin membuat sistem yang dapat menentukan lubang pada jalan. Untuk mendapatkan data aktivitas saat dijalan digunakan sensor accelerometer, lalu untuk mendapatkan lokasi jalan digunakan GPS/GPRS/GSM Shield V3.0. Untuk membantu mengontrol viii viii diperlukan bantuan teknologi mikrokontroler yaitu Arduino uno. Untuk menentukan apakah jalan tersebut terdapat lubang digunakan batas yang didapatkan dari nilai selisih perubahan accelerometer. Hasil yang telah didapatkan dikirimkan ke server menggunakan GPRS. Hasil penentuan ditampilkan dalam bentuk peta pada web. Kemudian sistem akan diuji coba mulai dari uji fungsionalitas hingga uji performa dengan menggunakan berberapa skenario yang telah di tentukan. Berdasarkan hasil uji coba performa, keakuratan keseluruhan sistem dalam menentukan keputusan yang benar yaitu 83,33% dengan delay waktu pengiriman dari rangkaian alat ke server lebih dari 11 detik. ======================================================================================================= The road is a land transport infrastructure covering all parts of the road, including complementary buildings and equipment intended for general traffic. On the road there is a hole, many accidents occur due to lack of information about the road conditions to road users. Lack of information on road conditions make the road less vigilant so that more accidents may occur. Currently the potholes known if there are reports from the public, even repair potholes were carried out by the communities themselves. With the service to determine the location of potholes, is expected to assist the government in determining the policy making repairs potholes In previous studies the systems made only determines there is a spike. These studies use accelerometer sensor and GPS on a smartphone for data retrieval. In this study, the authors wanted to create a system that can determine the hole on the road. To get the current activity data used road accelerometer sensor, and then to find out the location, the author use of GPS / GPRS / GSM Shield V3.0. To help control the necessary assistance that is Arduino Uno microcontroller technology. To determine whether the path is a hole used boundary obtained from the differences of the accelerometer changes. The results that have been obtained is x x sent to the server using GPRS. The result of the determination shown in the form of maps on the web. Then the system will be tested ranging from test to test the functionality of the performance by using a couple of scenarios that have been specified. Based on the results of performance testing, the overall accuracy of the system in determining the correct decision that is 83,33% with a delay time of delivery of a suite of tools to the server more than 11 seconds.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 629.895 51 Muf r-1
Uncontrolled Keywords: Jalan, Lubang, Mikrokontroler, Accelerometer, ADXL345, Sensor.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.754 Software architecture. Computer software
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Informatics Engineering > (S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 02 Mar 2020 02:33
Last Modified: 02 Mar 2020 02:33
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75248

Actions (login required)

View Item View Item