Fadila, Juniardi Nur (2016) Persebaran Multi Npc Menggunakan Algoritma Bee Colony Untuk Game 3d Space Shooter. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.
Preview |
Text
2212205003-Master_Thesis.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Abstract
NPC dalam sebuah game, merupakan sebuah objek yang banyak digunakan
dalam penelitian baru-baru ini. Hal ini disebabkan karena NPC dalam game
menyediakan peluang penelitian yang sangat luas. Sebagai salah satu contohnya
yaitu pada bidang AI. Bidang AI sendiri dapat dibagi menjadi beberapa bidang
seperti path finding, decision making, learning logic, dll. Penelitian ini dilakukan
untuk mengembangkan sebuah metode yang dapat mendukung fitur AI pada NPC
dengan cara menambahkan perilaku hewan pada pergerakan NPC tersebut. Bee
Colony dipilih sebagai metode utama dalam penelitian ini karena algoritma tersebut
telah diteliti pada beberapa penelitian sebelumnya dan terbukti efektif. Tetapi
metode tersebut hanya di uji cobakan pada target yang statis. Selain hanya di uji
cobakan pada target yang statis, tidak diketahui juga apa yang terjadi jika metode
tersebut diaplikasikan pada NPC yang memiliki banyak target dan target tersebut
bergerak bebas. Dalam penelitian ini akan diteliti bagaimana algoritma bee colony
tersebut dapat mengorganisasi gerombolan NPC dalam permainan untuk bergerak
menuju target yang tersebar dalam ruang lingkup game dan pergerakan NPC
mengaplikasikan sistem kerja koloni lebah
=========================================================================================NPC’s in a game, is an object that to be trending topic in a recent study. This
is because NPC’s in the game provides a lot of research opportunities. For an
example is research in NPC’s Artificial Intelligent (AI). AI itself can be divided into
several areas such as path finding, decision making, learning logic, etc. This
research was conducted to develop a method that can support the AI feature by
adding animal behavior at the NPC movement. Bee Colony has been selected as the
main method in this study because the bee colony has been researched in several
previous studies and has proven its effectiveness. But that method was only tested on
a stationary target. However, the method only tested on a stationary target. Not yet
known what would happen if such methods if applied in the NPC that has a wide
range of targets and the target can move freely. In this study, will be researched how
the bee colony method can organize a collection of NPC in a game to move to the
targets that spread in the space of game and the NPC movement should be random
like colony of bee
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | RTE 006.678 Fad p |
Uncontrolled Keywords: | NPC, Bee Colony, Artificial Intelligent, Swarming, Game. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA336 Artificial Intelligence |
Divisions: | Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > 20101-(S2) Master Thesis |
Depositing User: | EKO BUDI RAHARJO |
Date Deposited: | 02 Mar 2020 10:59 |
Last Modified: | 02 Mar 2020 10:59 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/75264 |
Actions (login required)
View Item |