Evaluasi Kinerja Trayek Lyn L Jurusan Terminal Kepuhsari - Bandar Kedungmulyo Kota Jombang

Jadmiko, Fikri (2016) Evaluasi Kinerja Trayek Lyn L Jurusan Terminal Kepuhsari - Bandar Kedungmulyo Kota Jombang. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3115040501-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
3115040501-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 3115040501-Presentation.pdf]
Preview
Text
3115040501-Presentation.pdf - Presentation

Download (4MB) | Preview

Abstract

Jombang merupakan sebuah kota kecil yang terdiri dari berbagai sumber elemen mayarakat, merupakan kawasan perindustrian yang semakin berkembang, dengan perdagangan yang semakin maju baik di pasar tradisional maupun modern. Selain itu Jombang merupakan kota pendidikan dan kota santri yang cukup besar di wilayah Jawa Timur, inilah yang membuat akses pergerakan masyarakat Jombang melakukan kegiatan baik formal maupun non formal, di titik-titik kecamatan yaitu kecamatan Peterongan, kecamatan Jombang, kecamatan Perak dan kecamatan Bandar Kedungmulyo. Maka hal ini diperlukan sarana dan prasarana transportasi yang menunjang kegiatan masyarakat, penyediaan angkutan umum sangat bergantung pada arah di mana masyarakat Jombang melakukan pergerakan dan faktor pertumbuhan penduduk yang akan datang.
Tugas akhir ini membahas tentang evaluasi kinerja sistem operasional Lyn L, dengan melakukan penghitungan juga melakukan analisa trayek Lyn L, hal ini diperlukannya data-data hasil survey sebelumnya yaitu survey occupancy dan survey naik turun penumpang. Survey occupancy di lakukan untuk mencatat jumlah penumpang yang lewat pada suatu lokasi perjam mulai jam (06:00-15:00), sedangkan survey naik turun penumpang di lakukan dengan mencatat penumpang yang naik dan turun di suatu zona yang akan di tuju penumpang dan surveyor mengambil pencatatan di dalam angkutan umum selama jam puncak pagi ( 06:00-09:00) dan jam puncak siang (11:00-13:00). Untuk memprediksi pertumbuhan penduduk pada tahun kondisi sekarang 2020 mendatang dalam bentuk matriks asal tujuan (M.A.T) dengan menggunakan metode Furness, metode ini merupakan awalan untuk perhitungan pembebanan penumpang serta kebutuhan jumlah armada yang di butuhkan dalam setiap trayek lyn L.
Berdasarkan analisa perhitungan kinerja trayek Lyn L untuk tahun 2015 di dapatkan pada arah berangkat ( terminal Kepuhsari – Bandar Kedungmulyo) pada jam puncak pagi load factor 0.18, headway 16 menit dan jam puncak siang load factor 0.20, headway 14 menit. Sedangkan pada arah pulang (Bandar Kedungmulyo - terminal Kepuhsari ), jam puncak pagi load factor 0.18, headway 12 menit dan jam puncak siang load factor 0.16, headway 30 menit. Sedangkan berdasarkan analisa perhitungan kinerja trayek Lyn L untuk tahun 2020 di dapatkan pada arah berangkat ( Terminal Kepuhsari – Bandar Kedungmulyo) pada jam puncak pagi load factor 0.18, headway 15 menit dan jam puncak siang load factor 0.19, headway 20 menit. Sedangkan pada arah pulang (Bandar Kedungmulyo - terminal Kepuhsari ), jam puncak pagi load factor 0.18, headway 12 menit dan jam puncak siang load factor 0.16, headway 30 menit.
==========================================================================================================
Jombang is a small town consisting of various elements of society sources, a growing industrial area, with increasingly advanced trading in both traditional and modern markets. In addition Jombang a city of education and city students are quite large in East Java, which makes access to a community movement in Jombang conduct both formal and non-formal, in dots districts are districts Peterongan, district Jombang, sub Silver and districts Bandar Kedungmulyo, So it is necessary transportation facilities and infrastructure that support community activities, provision of public transport depend on the direction in which society Jombang perform movements and population growth to come.
This final project discusses the performance evaluation of the operational system Lyn L, by calculating also analyzing the trajectory Lyn L, it is the need for data of the previous survey occupancy survey and survey up and down the passenger. Survey occupancy done to record the number of passengers passing on an hourly locations start hour (06: 00-15: 00), while the survey up down passengers do with taking passengers up and down in a zone that would be in the lead passenger and surveyor take recording in public transport during the morning peak hours (06: 00-09: 00) and afternoon peak hours (11: 00-13: 00). To predict the growth of population in the year 2020 the current conditions in the form of the original matrix of interest (M.A.T) using the Furness method, this method is the prefix for the calculation of loading passengers as well as the needs of the fleet is needed in each route lyn L.
Based on the analysis of the performance of the route calculation for 2015 Lyn L got on the direction set out (terminal Kepuhsari - Bandar Kedungmulyo) in the morning peak hour load factor of 0.18, headway 16 minutes and during the peak hour load factor of 0.20, headway 14 minutes. While on the way home (Bandar Kedungmulyo - Kepuhsari terminal), the morning peak hour load factor of 0.18, headway 12 minutes and during the peak hour load factor of 0.16, headway 30 minutes. While based on the analysis of the performance of the route calculation for 2020 Lyn L got on the direction departing (Terminal Kepuhsari - Bandar Kedungmulyo) in the morning peak hour load factor of 0.18, headway 15 minutes and during the peak hour load factor of 0.19, headway 20 minutes. While on the way home (Bandar Kedungmulyo - Kepuhsari terminal), the morning peak hour load factor of 0.18, headway 12 minutes and during the peak hour load factor of 0.16, headway 30 minutes.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 388.413 12 Jad e 3100016067116
Uncontrolled Keywords: Lyn L, Matriks asal tujuan, headway dan load factor, origin destination matrix, headway and load factor.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE311.I4 Urban transportation
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22301-(D4) Diploma 4
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 04 Mar 2020 09:01
Last Modified: 04 Mar 2020 09:01
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75301

Actions (login required)

View Item View Item