Masyitha, Asrilya (2020) Perancangan Media Edukasi Makanan Sehat Dan Gizi Seimbang Untuk Anak Usia 3-6 Tahun. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
08311540000144-Undergraduate_Theses.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2007, tampak bahwa selama 12 tahun (1995-2007) jumlah kematian karena penyakit tidak menular atau penyakit degeneratif di Indonesia semakin meningkat. Salah satu penyebab maraknya penyakit degeneratif adalah pola makan yang buruk. Pola makan yang buruk juga menjadi penyebab 1 dari 5 kematian di seluruh dunia. Sebab itu, penerapan pola makan sehat menjadi salah satu upaya terbaik untuk pemeliharaan kesehatan. Pola makan sendiri merupakan kebiasaan atau gaya hidup yang dapat dibentuk sejak dini. Pada lingkup Pendidikan anak Usia Dini, pengenalan makanan sehat cenderung hanya menggunakan makanan secara langsung sebagai media sehingga pemahaman anak hanya terfokus pada karakteristik luar. Sedangkan untuk memahami manfaat makanan sehat, wawasan anak pada usia tersebut masih sangat terbatas dan membutuhkan peraga yang sifatnya konkrit. Penelitian ini disusun dengan tujuan membuat media edukasi makanan sehat dan gizi seimbang untuk anak usia 3-6 tahun sehingga dapat meningkatkan pemahaman anak akan manfaat dan pentingnya mengonsumsi makanan bergizi dan seimbang yang kelak akan diterapkan pada kesehariannya. Metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah studi literatur, observasi dan interview mengenai edukasi makanan sehat di lingkup pendidikan anak usia dini. Analisis aktifitas dan roleplay dilakukan untuk mendapatkan skenario permainan. Produk yang dirancang adalah set permainan yang menerapkan pendekatan multisensori untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran dan memiliki konsep educative, active learning dan fun learning.
==============================================================================================================================
Based on the results of the Basic Health Research (Riskesdas) in 2007, it appears that during the 12 years (1995-2007) the number of deaths due to non-communicable diseases or degenerative diseases in Indonesia has increased. One cause of the rise of degenerative diseases is poor diet. Poor eating patterns also cause 1 in 5 deaths worldwide. Therefore, the application of a healthy diet is one of the best efforts for health maintenance. Eating patterns themselves are habits or lifestyles that can be formed early on. In the scope of Early Childhood Education, the introduction of healthy food tends to only use food directly as a medium so that children's understanding is only focused on outside characteristics. Meanwhile, to understand the benefits of healthy food, children's insight at that age is still very limited and requires concrete demonstration. This research was structured with the aim of making a healthy and balanced nutrition education media for children aged 3-6 years so as to increase children's understanding of the benefits and importance of consuming nutritious and balanced foods which would later be applied to their daily lives. The method used in this design is the study of literature, observation and interviews about the education of healthy food in the scope of early childhood education. Activity analysis and roleplay are performed to get the game scenario. The product designed is a set of games that apply a multisensory approach to improve learning effectiveness and have the concepts of educative, active learning and fun learning.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Makanan Sehat, Gizi Seimbang, Media Edukasi, Anak Usia Dini, Pendidikan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Faculty of Architecture, Design, and Planning > Industrial Product Design > 90231-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Asrilya Masyitha |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 06:55 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 06:55 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/75306 |
Actions (login required)
View Item |