Peningkatan Efektivitas Peta Jalur Evakuasi Gedung Bertingkat dengan Menggunakan Virtual Walk Augmented Reality (Studi Kasus : Gedung Teknik Industri ITS)

As Syahid, Haris Saputra (2016) Peningkatan Efektivitas Peta Jalur Evakuasi Gedung Bertingkat dengan Menggunakan Virtual Walk Augmented Reality (Studi Kasus : Gedung Teknik Industri ITS). Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2511100071-Undegraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
2511100071-Undegraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pemahaman para pengguna gedung terhadap jalur evakuasi pada gedung
bertingkat yang sering mereka gunakan sangat penting diperhatikan. Kecelakaan
pada gedung yang dapat terjadi secara tiba-tiba menyebabkan para pangguna
gedung harus menemukan jalan keluar menggunakan peta kognitif yang ada di
dalam kepala mereka. Peta kognitif tersebut dapat dilatih dengan latihan evakuasi
maupun dengan memahami peta evakuasi yang berada di dalam ruangan-ruangan
gedung. Namun pada kenyataannya, banyak diantara para pengguna gedung yang
tidak memperdulikan keberadaan peta evakuasi tersebut yang dapat disebabkan
oleh berbagai hal. Penelitian ini merancang sebuah media edukasi bernama
Virtual Walk yang bertujuan sebagai media pembelajaran bagi para pengguna
gedung bertingkat mengenai jalur evakuasi yang harus digunakan dengan lebih
interaktif. Terdapat beberapa tahapan dalam penelitian ini, diantaranya adalah
identifikasi penyebab para pengguna gedung enggan untuk memahami peta
evakuasi, perancangan dan pembangunan media edukasi, dan pengujian usabilitas
yang melibatkan 30 responden untuk mencoba Virtual Walk.
Hasil dari penelitian ini adalah media edukasi virtual berbasis augmented
reality yang digunakan untuk membantu para pengguna gedung bertingkat dalam
memahami jalur evakuasi. Dalam media edukasi ini digunakan dua buah media,
yaitu marker dan juga smartphone. Marker berfungsi seperti barcode yang apabila
dipindai maka akan menampilkan objek visual berupa animasi arah evakuasi.
Sedangkan smartphone berfungsi sebagai pemindai dan sebagai user interface
dalam memahami jalur evakuasi. Proses pembuatan animasi menggunakan
software 3ds Max sebagai pembangun model gedung dan Unity sebagai platform
untuk menciptakan aplikasi berbasis augmnted reality. Berdasarkan uji usabilitas
yang dilakukan, sebanyak 90,28% responden merasa terbantu dengan Virtual
Walk dalam memahami peta evakuasi dan sebanyak 27 dari 30 responden
mengatakan tertarik untuk mencoba Virtual Walk saat pertama kali ditunjukkan
======================================================================================================
Multi-floor building occupants’ understanding against evacuation route is
an important aspect to be considered. Evacuation route is the key for the
occupants to escape from hazard when earthquake or fire occurs. A cognitive map
will guide the occupants to the assembly point during evacuation. The cognitve
map can be trained through understanding the evacuation map. Unfortunately,
there are major number of the building occupants who ignoring the maps during
the real evacuation drill. This research aims to design a virtual educational media
to provide building occupants an easier understanding of evacuation route through
an augmented reality based evacuation map. Augmented reality based evacuation
map is used as occupants attention catcher and as an effective way to comprehend
the map. The media is named Virtual Walk. Several stages are conducted in this
research to develop the media. One of the stages is investigating occupants’
ignoring behaviour.
The result from this research is the virtual educational media based on
augmented reality which can be used to help building occupants to understand
evacuation map effectively. The media consists of two main elements, a marker
and a camera. Marker is used as a target for camera to be scanned at. Camera
works as system processing and user interace to identify the marker position and
pattern and to project evacuation route animation on camera display. The process
of building Virtual Walk is conducted by combining the objective building model
and the evacuation route animation using 3Ds Max and Unity. Based on usability
testing with 30 respondents, as many as 90,28% of respondents are satisfied with
Virtual Walk

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSI 006.6 Ass p
Uncontrolled Keywords: Peta evakuasi, augmented reality, usabilitas.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.9 Computer algorithms. Virtual Reality. Computer simulation.
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 10 Mar 2020 01:48
Last Modified: 10 Mar 2020 01:48
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75383

Actions (login required)

View Item View Item